Samosir (Antaranews Sumut) - Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam laporan keterangan pertanggung jawaban memaparkan capaian pembangunan tahun 2017.

Sektor pendidikan, angka partisipasi murni pada tingkat SD, SMP meningkat, jumlah siswa siswi yang masuk SMA Unggul Del dan Yasop juga bertambah. 

Pariwisata dari tahun 2016 ke tahun 2017 meningkat 45, 79 persen, peningkatan akses angkutan dari Kabupaten Samosir menuju bandara internasional Silangit (PP) berupa pengoperasian dua unit bus perhubungan. 

Tata kelola pemerintahan pada pelaksanaan aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi, peringkat ke dua terbaik se Sumut  penilaian penghargaan pembangunan daerah, meraih predikat CC dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Selain itu, mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang di Pematang Siantar atas pelaksanaan lelang aset tahun 2017. 

Pembangunan infrastruktur berupa penuntasan jalan lingkar Pusuk Buhit sepanjang 16 Km, peningkatan jalan Sosor Dolok menuju menara Pandang Tele 6,75 Km, peningkatan jalan Pangururan menuju Lumban Sihombing 49 Km, peningkatan jalan Outer Ring Road Janji Raja menuju Holbung dari Tamba menuju Sabulan.

Juga peningkatan jalan dari Simpang Cinta Maju menuju Tamba Dolok hingga Janji Maria, penataan kawasan perkotaan Pangururan, penataan pantai Onan Baru, pedestrian dan penataan Aek Rangat serta pengadaan kapal wisata bercorak gorga Batak.

Untuk itu, atas nama Pemerintah, Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir yang telah menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan budgeting secara optimal terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan derah Kabupaten Samosir TA 2017.

Bupati juga mengajak semua unsur elemen masyarakat untuk tetap membangun kebersamaan dan sinergitas, dengan mengarahkan segala kemampuan serta kekuatan demi percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berazaskan kearifan lokal, Dalihan Natolu Paopat Sihalsihal serta Satahi Saoloan.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018