Siatasbarita (Antaranews Sumut) - Satu unit rumah milik Miduk Simanungkalit di Desa Pansurnapitu Siatasbarita yang berada tepat di sisi kiri jalinsum Tarutung-Sipirok, tertimpa longsoran tanah yang berasal dari dinding tebing di belakang rumah, Selasa.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, longsoran material tanah dan pepohonan dari tebing setinggi kurang lebih 25 meter yang merusak bagian belakang rumah juga menutupi badan jalan hingga sempat menyebabkan kelumpuhan arus lalu lintas di kedua arah selama lebih kurang satu jam.

"Suara menderu yang keras mengiringi longsoran tanah dan meterial lainnya sekitar pukul 9.45 wib, tadi pagi," ungkap Kepala Desa Pansurnapitu, Tongam Sibarani.

Dikatakan, hujan deras yang melanda wilayah itu sejak malam hingga pagi harinya, menjadi penyebab terjadinya longsor.

"Sebelum kejadian di pagi hari ini, semalam sekitar pukul 22.00 wib, longsoran tanah juga sudah terjadi, meski hanya merusak bagian belakang rumah," terangnya.

Kejadian itu langsung disikapi pemilik rumah untuk beranjak meninggalkan huniannya menuju rumah keluarga terdekat di desa tersebut.

"Untung saja, penghuni rumah sudah sempat mengungsi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, juga keadaan lalulintas di jalinsum yang kebetulan lengang. Sehingga, saat longsoran tanah kembali terjadi, tidak menimbulkan korban jiwa," imbuh Ulibasa Hutapea, dan warga lainnya yang mengaku menyaksikan langsung longsoran tanah.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018