Tanjungbalai, (Antaranews Sumut)  - Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara mencatat sebanyak 3749 pelajar SMP/Sederajat sekolah Negeri mau pun Swasta terdaftar sebagai calon peserta Ujian Sekolah Berstandart Nasional dan Ujian Nasional (USBN-UN) tahun ajaran 2017/2018.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai Tety Juliany Siregar, Selasa mengatakan, jumlah calon peserta USBN dan UN tersebut terdiri dari 1849 laki-laki dan 1900 perempuan yang berasal dari 14 SMP Negeri,1 MTsN, serta 17 SMP dan MTs Swasta di Kota Tanjungbalai.

Menurut Tety, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan digelar di 15 SMP dan MTs Negeri serta 5 SMP dan MTS Swasta. Sedangkan Ujian Nasional Kertas Pinsil  atau UNKP dilaksanakan di 12 SMP dan MTs Swasta.

Sesuai jadwal, USBN dilaksanakan pada 9 hingga 16 April, UNBK dan UNKP digelar pada 23 hingga 26 April 2018. Sedangkan jadwal ujian susulan USBN dilaksanakan pada 17 hingga 30 April, serta UBK dan UNKP pada 8 hingga 9 Mei 2018.

Untuk pengawasan dilakukan sistym silang antarsekolah yang berdekatan, misalnya guru dari sekolah A menjadi pengawas di sekolah B, demikian sebaliknya.

Terkait persiapan, Tety mengajui pelajar calon peserta tersebut diyakini mampu untuk mengikuti USBN mau pun UN karena selama ini telah mengikuti les tambahan dan uji coba atau Try Out.

"Dengan serangkaian persiapan baik berupa les tambahan dan Try Out kita meyakini para peserta ujian tersebut mampu untuk mengikuti USBN dan Ujian Nasional baik UNBK maupun UNKP," kata Tety Juliany Siregar didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Harizal Pasha.***4*** (KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018