Medan, (Antaranews) - Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) - Perguruan Tinggi Ilmu (PTIK) dan Polda Sumatera Utara menggandeng UMSU untuk meningkatkan kualitas akademis para mahasiswa STIK. 

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara satu dari 10 perguruan tinggi se-Sumatera yang turut menandatangani naskah kerjasama (MoU) tersebut,  dilakukan oleh Rektor UMSU Dr Agussani MAP yang diwakili WR III Dr. Rudianto MSi, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw dan Ketua STIK Lemdikpol  Brigjen Remigus Sigid Tri Hardjanto yang diwakili Waket Bid Kermadinmas Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yudawan R SH MH.

Dalam sambutannya Ketua STIK Lemdikpol  Brigjen Remigus Sigid Tri Hardjanto yang diwakili Waket Bid Kermadinmas Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yudawan R SH MH mengatakan, bahwa tujuan perjanjian kerjasama ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas akademik calon mahasiswa STIK-PTIK yang sedang bertugas di kewilayahannya. 

"Kerjasama ini kita lakukan di seluruh Indonesia. Dan hari ini kita menjalin kerjasama dengan 10 perguruan tinggi se-Sumatera yang merupakan Rayon I," ujarnya di Aula Catur Prasetya Mapolda Sumut Jl. Sisingamangaraja Km. 10,5 No. 60 Medan, Rabu (28/3).

Untuk mencapai tujuan kerjasama tersebut, lanjutnya, maka kesepakatan yang akan dikembangkan meliputi pertama, mengidentifikasi dan merumuskan masalah sosial yang berkait dengan fungsi dan kelembagaan kepolisian sesuai dengan karakteristik daerahnya. 

"Kedua, melakukan penguatan pemahaman calon mahasiswa STIK-PTIK yang berkaitan dengan dasar-dasar ilmu administrasi, manajemen, ilmu sosial, politik, ilmu hukum serta ilmu pendukung lainnya," jelas Yudawan.

Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw mengaperesiasi pelaksanaan perjanjian kerjasama ini. 

Dia mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung program PROMOTER  yang digagas  Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, yakni Polisi yang Profesional, Modern dan terpercaya. 

"Ada 11 program prioritas dalam Promoter itu, dan yang kita laksanakan hari ini adalah terkait poin ke 4, yakni tentang pentingnya peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan," jelasnya.

Sedangkan WR III UMSU Dr. Rudianto MSi dalam keterangan pers mengungkapkan, bahwa UMSU merasa bangga bisa menjalin kerjasama dengan  STIK-PTIK dan Poldasu. Rudianto berharap kerjasama ini kedepan nanti bisa lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi. 

Pewarta: Raden Salima

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018