Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Sebanyak 12 organisasi kemasyarakatan Islam di Labuhanbatu Utara menyampaikan 10 butir pernyataan sikap, Minggu malam. Hal itu disampaikan pada kegiatan Tabligh Akbar yang dilaksanakan Aliansi Ormas Islam di Masjid Raya Al Aman Aekkanopan yang dihadiri Wakil Bupati Drs Dwi Prantara MM, Ketua DPRD, mewakili Polres dan Dandim 0209/LB.

Pembacaan pernyataan sikap itu dilakukan H Indra Surya Bhakti Simatupang SH MKn dari PD Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Labura didampingi pimpinan ormas lainnya. ke-12 ormas Islam tersebut adalah Front Pembela Islam (FPI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), BKPRMI, MUI, Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Al Jam’iyatul Washliyah, KAHMI, Jami’ah Batak Muslim Indonesia (JBMI), Badan Komunikasi Masjid (BKM), Forum Mubaligh Labura (Formula) dan IPHI Labura.

Ke-10 sikap tersebut adalah, pertama memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab Labura atas komitmennya dalam hal pemberdayaan umat Islam. Kedua, mendorong pendirian Islamic Center sebagai pusat pembinaan dan peradaban umat Islam. Ketiga, mendorong untuk diberikannya intensif pada imam-imam tetap mesjid dan musholla serta bilal mayit di seluruh kabupaten Labura.

Keempat, meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan toleransi antarumat beragama maupun antarumat seagama. Kelima, memfasilitasi dan mendorong pemberdayaan peningkatan ekonomi umat. Keenam, meningkatkan partisipasi dan kontribusi umat terhadap berbagai program pemerintah untuk kemashlahatan bangsa dan umat di Labura. ketujuh, menolak perilaku dan tindakan LGBT.

Kedelapan, menolak peredaran narkoba dan miras dan oknum atau pihak yang melindungi peredarannya. Kesembilan, menolak perilaku aparat yang menggiring  umat terhadap suatu opini tertentu di dalam mesjid. Kesepuluh, turut serta menjaga keamaan dan kenyamanan bagi segenap dan komponen masyarakat Labura.

Pimpinan ormas yang turut menandatangani pernyataan sikap tersebut adalah H Indra SB Simatupang SH MKn (DMI), Khairuddin Hasibuan SPdI SH (BKPRMI), Drs H Abd Syahnan Nasution (FPI), Drs H Aminurrasyid Aruan (MUI), P Siregar (NU), H Almunir Siregar (Muhammadiyah), H Ahmad Sampurn Rambe SSosI MA (Al Washliyah), Herman Saragih (JBMI), H Ilyas Harahap SP (BKM), H Syahrial Nasution SPd (Formula) dan H Tohari (IPHI).

 

 

BACAKAN SIKAP : Para pimpinan ormas Islam Labura membacakan pernyataan sikap pada Tabligh Akbar yang dilaksanakan di halaman Masjid Raya Al Aman Aekkanopan, Minggu malam. (Foto : Antarasnews/Sukardi)

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018