Tarutung (Antaranews Sumut) - Kabupaten Tapanuli Utara berhasil masuk dalam 6 besar nominasi daerah terbaik se Sumatera Utara, yang berkesempatan meraih penghargaan pembangunan daerah tingkat nasional 2018.

"Taput di bawah kepemimpinan Bupati Nikson Nababan masuk nominasi 6 besar di antara 33 kabupaten dan kota se-Sumut untuk meraih penghargaan pembangunan daerah 2018," ungkap Tarsudi, Tim penilai tahap kedua untuk kategori dimaksud yang hadir di aula mini kantor bupati Taput, Kamis.

Tarsudi menyampaikan, selain Taput, 5 daerah yang masuk dalam nominasi adalah Medan, Binjai, Pematangsiantar, Deli serdang, dan Samosir.

"Itu merupakan hasil penilaian tahap pertama atas 33 kabupaten dan kota se-Sumut. Saat ini, 6 besar tersebut akan mendapatkan penilaian tahap kedua untuk penentuan kota dan kabupaten yang mewakili Sumut di tingkat Nasional," jelasnya, didampingi anggota tim penilai lainnya.

Disebutkan, kabupaten dan kota penerima penghargaan akan diumumkan pada 25 April 2018, yang akan mendapatkan plakat penghargaan dan insentif fiskal untuk menambah pundi-pundi APBD.

Kehadiran rombongan tim penilai ini disambut Sekdakab Edward Tampubolon didampingi Kepala Bappeda Indra Simaremare, bersama sejumlah pimpinan OPD, yang mengaku bangga setelah mengetahui bahwa Taput berhasil masuk dalam kategori tersebut.

"Kami bangga Taput masuk nominasi dari 33 kabupaten/kota. Pemkab dalam penyusunan rencana kerja pembangunan daerah tetap mengutamakan kepentingan masyarakat," sebut Edward.

Menurutnya, kepemimpinan Bupati Nikson Nababan dengan visi-misi pemerintahannya, serta berbagai penerapan terobosan pembangunan, baik itu program pasar lelang komoditas pertanian, pelaksanaan jaminan harga, juga pembukaan lahan tidur pertanian secara gratis, serta sejumlah terobosan lainnya, demi meningkatkan kesejahteraan warganya akan menambah nilai positif dalam penilaian.

"Harapan kita, Taput tidak hanya sekedar masuk nominasi, tapi berhasil meraih predikat penghargaan," ujarnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018