Medan,  (Antaranews Sumut) - Manajemen PT Pertamina memeriksa sumur warga di Kelurahan Perdamaian, Stabat Kabupaten Langkat, Sumut yang diduga mengandung minyak.

"Hasil pemeriksaan belum keluar, tetapi dipastikan tidak ada kebocoran SPBU yang berlokasi di sekitar sumur warga tersebut," ujar Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region MOR) I, Rudi Ariffinato di Medan, , Rabu.

Menurut dia, hasil pemeriksaan Tim Health Safety, Security and Environment (HSSE) MOR I di tanki pendam SPBU No 14.208 152 Kelurahan Perdamaian, Stabat, Langkat itu tidak ditemukan masalah.

Pemeriksaan sudah dilakukan secara komprehensif meliputi pengecekan SPBU dengan melakukan cek tanki pendam lalu cek fisik lingkungan sekitar SPBU hingga kepada sumur timba yang diduga mengandung minyak milik warga tersebut.

Menurut Rudi, tim HSSE juga telah memastikan tanki milik SPBU No.14.208.152 tidak ditemukan adanya jejak kebocoran.

"Belum dapat dipastikan sumber dan jenis kandungan yang diduga minyak yang ditemukan di dalam sumur warga tersebut karena hasil uji laboratorium belum keluar "katanya.

Sampel air sumur yang diambil sekitar 1,5 liter dengan metode suling dibantu dengan absorben untuk diperiksa secara fisik dan struktur dari kandungan tersebut.

"Pertamina siap berkordinasi dengan pihak -pihak yang berwenang dan pihak terkait adanya kandungan minyak pada sumur warga itu," katanya.

Dia menegaskan, sebagai perusahan milik negara, Pertamina memiliki standar operasional dalam menanggani kegiatan-kegiatan di daerah operasional khususnya daerah SPBU yang harus mengedepankan aspek keselamatan dalam menjalankan operasionalnya.

Pertamina juga melakukan pemeriksaan secara rutin atau melakukan monitor pengawasan setiap hari untuk memastikan keamanannya.

(T.E016/C/S027/S027) 21-03-2018 15:56:58

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018