Medan  (Antaranews Sumut) - Sebanyak 52 dari 154 program studi (prodi) di Universitas Sumatera Utara sudah berakreditasi A dalam program Afirmasi Akreditasi Program Studi Tahun 2018.

Selain itu, 86 prodi berakreditasi B, dan sisanya masih dalam tahap pengajuan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH pada acara kopi pagi dengan wartawan, di Kampus USU, Medan, Senin.

Ia mengharapkan, suatu saat seluruh prodi di perguruian tinggi negeri itu bisa meraih akreditasi A.

USU dalam usianya yang menuju ke-66 tahun terus-menerus berupaya dengan segenap kekuatan dan kerja keras untuk menciptakan berbagai terobosan dan pencapaian prestasi.

"Akreditasi A merupakan pendorong atau motivasi bagi segenap civitas akademika USU untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi universitas tercinta ini," ucapnya.

Baca juga: USU semakin giat memacu prestasi

Runtung mengatakan, meskipun telah berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT baru-baru ini, USU terus menjaga komitmennya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik tenaga pengajar seperti dosen dan guru besar, maupun tenaga kependidikan atau administrasi.

Saat ini, jumlah PNS dan non-PNS di USU berjumlah 1.610 orang, sementara jumlah tenaga kependidikan/pegawai PNS berjumlah 940 orang dan non-PNS 1.069 orang.

Guru besar USU sebanyak 174 orang,

"Jumlah lulusan USU dari berbagai strata pendidikan berjumlah 190.670 orang. Mereka telah bekerja dan mengabdi dalam banyak bidang, baik di pemerintahan, swasta maupun lembaga-lembaga sosial di dalam, serta di luar negeri," kata Rektor USU.

(T.M034/C/A013/A013) 19-03-2018 15:50:18

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018