Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat kembali melakukan kunjungan dialogis ke pasar Glugur Rantauprapat, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Djarot yang blusukan dari pintu Selatan pasar dampingi langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Labuhanbatu, Pangonal Harahap yang juga Bupati Labuhanbatu sekira pukul 09.25 WIB.

Sebelum bergegas masuk, Cagubsu yang di usung PDI Perjuangan dan PPP ini, disambut pengunjung pasar dengan hangat. Kesempatan ini dimanfaatkan warga untuk bersalaman serta berswafoto secara bergantian.

Setelah menyapa warga, Djarot yang mengenakan sendal jepit merah ini bergerak masuk melihat dagangan jahe dan membeli 5 kilogram Jeruk pedagang milik Mak Iting di pelataran pasar terbesar di Kabupaten Labuhanbatu.

Dia menyampaikan, pangsa pasar jahe juga sangat menjanjikan apabila di olah dengan baik.

Kemudian, Djarot singgah di Toko pakaian milik Mak Very boru Siagian di lantai satu dan membeli dua potong pakaian seharga Rp180 ribu dan langsung mengenakannya saat itu juga.

Mantan Walikota Blitar dua periode ini juga menyambangi pedagang kopi. Dalam kesempatan itu Djarot mengatakan, kemasan kopi di daerah ini cukup sederhana, sehingga menurunkan minat pembeli.

Dia berjanji akan meningkatkan promosi usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM ke pangsa pasar secara luas, apabila diberi amanah untuk memimpin Provinsi Sumatera Utara.

"Inilah tugas pemerintah bukan hanya mendampingi, tetapi pemerintah harus hadir untuk mempromosikannya seperti kemasan produk UMKM, sehingga memberi nilai tambah untuk membeli," ujarnya.

"Kenapa bumbu pecel Blitar terkenal di mancanegara, karena kemasan dan promosinya baik," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Setelah itu, Djarot dipanggil pedagang di lantai 2 untuk melihat kondisi kios yang terlihat sepi aktifitas jual-beli. Dia menyarankan agar pemerintah melakukan pembinaan, penataaan dan penetapan produk pasar di daerah.

Usai bekeliling pasar dan menyapa warga, dia bergegas ke Stadion Binaraga hingga menuju Warung Kopi On Mada dan mengunjungi pertokoan di Jalan KH. Ahmad Dahlan. Kemudian menghadiri rencana kerja cabang khusus DPC PDI Perjuangan Labuhanbatu di Gedung Nasional, Rantauprapat.

 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018