Simalungun, (Antaranews Sumut) - KPU Daerah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengadakan tatap muka dengan 13 pengurus organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat, di Hotel Sing A Song, Sabtu. 

Ketua KPU setempat, Adelbert Damanik mengatakan, kegiatan merupakan tahapan untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Pilgub Sumut tahun 2018.

Dikatakan, sosialisasi penting untuk menyebarkan informasi dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat dan partisipasi pemilih. 

Baca juga: Bupati Simalungun dicoklit

"Partisipasi pemilih merupakan salah satu komponen suksesnya penyelenggaraan Pemilu," kata Adelbert Damanik. 

Dia juga mengingatkan rentannya potensi gesekan pada tahapan kampanye, penetapan daftar pemilih tetap, pemungutan dan penghitungan suara.

Harapan kata Adelbert, dengan kegiatan ini semakin memberikan pemahaman sehingga pelaksanaan Pilgub Sumut berjalan lancar, tertib, aman dan fair. 

Ketua Panwaslih Kabupaten Simalungun, Bobby Dewantara Purba menegaskan, perlunya penguatan peran elemen masyarakat dalam sistem pengawasan yang bersifat partisipatif.

Keadaan itu dipengaruhi minimnya jumlah personel dalam menjalankan tugas di wilayah yang luas dan sulitnya geografis daerah.

Pemerhati Pemilu di Kabupaten Simalungun, Adil Saragih dalam paparan mengemukakan pentingnya menyatukan persepsi terkait peraturan Pemilu. 

Diharapkan juga timbulnya kesadaran komponen masyarakat dan tim pemenangan para calon untuk mematuhi, terutama penyelenggara Pemilu. ***2***
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018