Samosir (Antaranews Sumut)-Pemkab Samosir melakukan panen raya Bawang Merah di Dusun II Desa Siparmahan Kecamatan Harian, Jumat, yang dihadiri langsung Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon.

Sekretaris Kelompok Tani Rap Hita Joujur Simbolon mengatakan, bibit bawang merah yang dipanen ini berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian sebanyak 500 kg pada tahun 2017.

Bibit tersebut ditanam pada lahan seluas satu hektare dan diperkirakan akan menghasilkan bawang merah sebanyak 32 ton. 

Joujur menuturkan, Penanaman bibit bawang ini dilakukan pada tanggal 24 Desember 2017 dan akan di panen hari ini jumat 2 Maret 2018 bersama-sama dengan Bapak Bupati Samosir.

"Kami sangat terharu dan bangga karena berhasil memanen bawang merah ini, berkat bantuan Pemerintah Kabupaten Samosir. Kami juga mohon pemkab bersedia menambah bibit bawang merah sebanyak 3000 kg serta mmebangun jalan usaha tani (JUT) di dusun II Desa Siparmahan sehingga akses jalan ke lahan pertanian dapat terwujud," katanya.
     
Sementara Kepala Dinas Pertanian Erkanus Simbolon mengatakan akan menerima permohonan kelompok tani tersebut dan akan melakukan kajian serta survey kelapangan mengenai kelayakan pengusulan jalan usaha tani tersebut. 

Untuk tahun 2018 ini, Dinas Pertanian akan memberikan bantuan bibit jagung dan bawang merah dan dimungkinkan lebih banyak dari tahun lalu.

Bupati Samosir mengapresiasi para petani yang mau bekerja dengan baik, yang bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir sehingga dapat menghasilkan panen bawang merah sebanyak 32 ton.

"Kami akan selalu mendukung masyarakat khususnya kelompok tani yang benar-benar bekerja, apapun permintaannya semaksimal mungkin kami penuhi asalkan dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan panen yang besar, dan hasilnya juga akan dinikmati oleh kelompok tani tersebut," katanya.

 

Pewarta: Akung

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018