Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) untuk 18.279 kepala keluarga (KK) bulan Januari di Labuhanbatu Utara akan didistribusikan Jumat. Terjadinya keterlambatan akibat adanya perubahan pos pendistribusian.

"Besok pagi beras sejahtera akan dibagikan kepada keluarga penerima manfaat," kata Kepala Dinas Sosial Labura H Ahmad Sampurna Rambe SSosI MA usai bertemu Kadis Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana HM Sueb SPd, Kamis.

Di tempat terpisah Sekretaris Dinsos Labura Paisal Purba ST didampingi Plt Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Penanganan Fakir Miskin Rio al Azhar SPsi kepada wartawan menyebutkan, pendistribusian rasta itu terlambat sebulan dari jadwal.

"Peluncuran dan pendistribusian rastra dimulai besok. Dimulai dari Kecamatan Na IX-X. Selanjutnya kecamatan lain menyusul setelah itu. Setiap kepala keluarga mendapat 20 Kg untuk bulan Januari dan Pebruari," katanya.

Menyinggung terjadinya keterlambatan, Paisal menjelaskan hal itu karena adanya perubahan pos pendistribusian beras. Sebelumnya pendistribusian melalui Bagian Perekonomian Setdakab Labura. "Namun sejak 2018, beras bantuan didistribusikan oleh Dinas Sosial berdasarkan petunjuk Kementerian Sosial RI," jelasnya.

Ia juga menyebutkan terjadinya perubahan pola bantuan beras tahun ini dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu berbentuk 
subsidi, maka tahun ini menjadi bantuan sosial. "Tahun lalu dikatakan subsidi karena penerima membayar Rp1.600/kg dan mendapat 15 kg. Adapun saat ini disebut Rastra, penerima mendapat 10 kg gratis," pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, Kadis Sosial Labura Ahmad Sampurna juga meninjau langsung kualitas rastra di Kantor Seksi Logistik yang berlokasi di Rantauprapat. Tujuannya untuk melihat kualitas rastra yang akan dibagi di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018