Medan (Antaranews Sumut) - Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf melalui "flatform Food Startup" Indonesia akan menjaring lagi 100 pengusaha rintisan/startup kuliner untuk semakin mendorong kontribusi sektor itu dalam perekonomian nasional.

"Penjaringan startup kuliner itu dilakukan dalam program Demoday Food Startup Indonesia atau FSI 2018. Pengusaha diharapkan memanfaatkan momentum itu," ujar Deputi Akses Permodalan Bekraf," Fajar Hutomo di Medan, Selasa.

Dia mengatakan itu usai melakukan sosialisasi Demody FSI di Medan untuk kemudian dilanjutkan ke sembilan kota lainnya mulai Bandung, Makassar, Belitung, Semarang, Banjarmasin, Malang, Yogyakarta,Surabaya dan Mataram.

Menurut dia, 100 startup terbaik akan mendapat kesempatan untuk memperluas jaringan, "scale up" melalui mentoring sekaligus menarik minat investor melalui "pitching".

FSI, ujar Fajar sudah diinisiasi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia sejak akhir 2016.

Pada 2017, FSI berhasil menjaring 2.005 data pelaku ekonomi kreatif kuliner dari seluruh Indonesia dan telah berhasil mengkurasi 150 food startup dan memilih tiga terbaik.

Dia menjelaskan, tiga terbaik FSI di 2017 adalah Matchamu, Ladang Lima dan Chillibags dan ketiganya sudah ekspor.

"Demoday FSI dilakukan Bekraf karena sub sektor kuliner dinilai masih sangat menjanjikan di Indonesia untuk menggerakkan perekonomian nasional," katanya.

Dia menyebutkan, kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB terus meningkat dari sekitar Rp700 triliun hingga Rp750 triliun pada 2014 menjadi mendekati Rp1.000 triliun.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, dari hampir Rp1.000 triliun itu, kontribusi sub sektor kuliner mencapai 43 persen.

Setelah kuliner, disusul fesyen 18 persen dan hasil kerajinan 16 persen.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018