Medan (Antaranews Sumut) - Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumatera Utara melakukan seleksi terhadap 38 pelatih yang akan melatih di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar untuk 11 cabang olah raga.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Rudi Rinaldi di Medan, Rabu, mengatakan, seleksi calon pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut tahun 2018 diikuti 38 pelatih dari 11 cabang olahraga yang dibina saat ini yakni atletik, renang, bola voli, sepakbola, pencak silat, gulat, karate, angkat besi, judo, taekwondo, dan wushu.

"Mereka nantinya akan diproyeksikan untuk membina 120 atlet binaan PPLP Sumut. Adapun tim penilai terdiri dari KONI Sumut dan Universitas Negeri Medan," katanya.

Ketua Koni Sumut Jhon Ismadi Lubis mengatakan, terkait seleksi calon pelatih PPLP tersebut, pelatih yang layak membina atlet PPLP bukan sekadar memiliki program bagus, namun juga mampu dan siap mendidik para pelajar secara profesional.

Hal itu mengingat atlet binaan yang akan masuk tahun 2018, merupakan andalan Sumut di PON 2024 mendatang.

"Makanya, kita berharap bagi calon pelatih bisa mencipakan atlet potensial, dan meningkatkan prestasinya. Mudah-mudahan jika PON 2024 tuan rumahnya Sumut dan Aceh, mereka ini kita sudah bisa berlaga," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan, pihaknya berharap atlet yang telah lulus dari PPLP untuk dibina lebih lanjut, atau pun membela Sumut minimal tiga tahun sebagai wujud hasil pembinaan selama ini.

Apalagi, John menilai banyak alumni PPLP asal Sumut telah berhasil meraih prestasi bersama daerah lain.

"Artinya selama ini PPLP Sumut berhasil menciptakan atlet karena hampir semua lulusan dari sana membela daerah lain di tiap even nasional, makanya perlu ada aturan bahwa setelah dia tamat, harus membela Sumut minimal tiga tahun," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018