Panyabungan (Antaranews Sumut) - Sebanyak tiga instansi yang ada dilingkungan pemkab Mandailing Natal adakan aksi donor darah, Senin. 

Aksi donor darah yang dilaksanakan di aula kantor dinas perhubungan kabupaten Mandailing Natal ini diikuti oleh pegawai kantor dinas informatika dan komunikasi, dinas perhubungan dan dinas pariwisata. 

Aksi donor darah yang dilaksanakan secara rutin oleh Palang Merah Indonesia kabupaten Mandailing natal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan stok darah dikabupaten itu. 

Wakil ketua bidang donor darah Palang Merah Indonesia kabupaten Mandailing Natal, dr. Indah mengatakan, aksi donor darah yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia kabupaten Mandailing Natal dilaksanakan sebagai upaya memenuhi kebutuhan darah dikabupaten Mandailing Natal. 

"Hingga saat ini kebutuhan stok darah dikabupaten Mandailing Natal mencapai 300 hingga 400 kantong per bulannya, sedangkan pasokan darah yang dapat dikumpulkan masih sebanyak 200 kantong setiap bulannya," katanya. 

"Kurangnya antusias dan kesadaran masyarakat akan kegiatan sosial donor darah menjadi kendala bagi Pmi untuk menutupi kebutuhan stok darah tersebut, " ujarnya. 

Dalam aksi donor darah yang dilakukan oleh tiga instanai tersebut Palang Merah kabupaten Mandailing Natal berhasil mengumpulkan sebanyak 16 kantong darah. 

Kantong-kantong darah yang dikumpulkan oleh Pmi ini nantinya akan diserahkan ke rumah sakit umum daerah Panyabungan dan kemudian akan diberikan kepada pasien yang membutuhkan darah dirumah sakit itu. 



Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018