Medan (Antaranews Sumut) - PT Pegadaian (Persero) hingga posisi 13 Januari 2018 sudah menyalurkan kredit Kreasi Ultra Mikro atau Kreasi Umi sebesar Rp75,76 miliar.

"Dana itu untuk 11.314 nasabah. Pegadaian menargetkan bisa lebih banyak lagi menyalurkan kredit ultra mikro itu," ujar Direktur Utama PT Pegadaian, Sunarso di Belawan, Selasa.

Dia mengatakan itu diwakili Direktur SDM dan Hukum, Edi Isdwiarto pada acara penyaluran Kredit Ultra Mikro (UMi) yang dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di kawasan Tempat Pelelangan Ikan Gabion, Medan Belawan.

Menurut dia, pembiayaan Kredit Kreasi UMi itu mendukung program pemerintah dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat .

Kredit yang disalurkan ke masyarakat itu dengan maksimal pembiayaan sebesar Rp10 juta. Kredit Kreasi UMi dapat diangsur secara flat setiap bulan dengan pilihan jangka waktu 12, 18, 24 atau 36 bulan.

Atau dapat diangsur secara berjangka 3, 4 atau 6 bulan. Kredit itu dapat diperoleh di outlet-outlet Pegadaian seluruh Indonesia.

Selain prosedurnya relatif mudah, nasabah juga mendapatkan pendampingan dari Pegadaian dalam mengembangkan usaha.

"Pegadaian terus `concern" terhadap masyarakat menengah ke bawah dengan beragam produk yang disediakan perusahaan," katanya.

Apalagi, katanya, Pegadaian adalah salah satu dari tiga perusahaan bukan bank yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur pembiayaan kredit ultra mikro yang diinisiasi oleh Kementerian Keuangan sebagai implementasi dari program Trisakti dan Nawacita.

"Pegadaian mendukung program yang berfokus pada usaha-usaha mikro di lapisan masyarakat bawah yang belum memiliki akses ke lembaga keuangan," kata Sunarso.


Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018