Langkat (Antaranews Sumut) - Tujuh pasangan bakal calon Bupati Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sudah melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit Adam Malik Medan.

Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Langkat Bidang Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat Tengku Benyamin, di Stabat, Senin.

Tengku Benyamin menjelaskan selama dua hari ini mereka ketujuh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat itu sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, hasilnya nanti akan diterima oleh IDI, HIMSI, BNN Langkat.

"Usai diterima ketiga lembaga tersebut barulah diserahkan kepada KPU Langkat direncanakan 15-16 Januari 2018 akan diserahkan," katanya.

"Setelah kita terima lalu dilakukan pembahasan dan pemeriksaan lanjut oleh pihak KPU barulah nantinya ditetapkan setelah melalui persidangan sekaligus penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat," sambungnya.

Tengku Benyamin menjelaskan ketujuh pasangan yang diperiksa kesehatannya itu Rudi Hartono Bangun-Budiono, Terbit Rencana Perangin angin-Syah Afandin, Zamroni-Deny Ilham, Sulistianto-Herinsyah, Abdul Aziz-Yatman, Djohar Arifin-Iskandar Sugito.

Ia juga mengungkapkan keseluruhan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut sudah membuat surat kesediaan pernyataan pengunduran diri mereka dari berbagai jabatan yang selama ini disandang.

"Bila hingga lima hari setelah penetapan nantinya yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum, masih ada bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mengikuti pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang belum juga mendapatkan izin atasan untuk mundur, maka pihak KPU akan menggugurkan calon yang bersangkutan,` katanya.

"Pengunduran diri dari jabatan yang sekarang sudah merupakan persyaratan yang harus dipenuhi setiap bakal calon," tegasnya.

Sementara itu berdasarkan data yang ada ada beberapa calon yang sekarang menduduki jabatan diantaranya Rudi Hartono Bangun bakal calon Bupati sebagai anggota DPR-RI, Terbit Rencana Perangin-angin bakal calon Bupati yang juga Ketua DPRD Langkat, Syah Afandin bakal calon Wakil Bupati yang juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Djohar Arifin Husin masih menjabat PNS.***2***Budi Suyanto











(T.KR-IFZ/B/B008/B008) 15-01-2018 12:58:56

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018