Langkat (Antaranews Sumut) - Sebanyak tujuh pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, hingga penutupan Rabu sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan membawa berbagai persyaratan yang ditentukan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Langkat Agus Arifin, di Stabat, mengatakan seluruh tahapan untuk pendaftaran bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati sudah rampung diselesaikan dimana saat akhir penutupan yang melakukan pendaftaran yaitu pasangan Irham-Ahmad Zaid Nur.

Sementara sebelumnya juga sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KU) Langkat yaitu pasangan Rudi Hartono Bangun-Budiono yang didukung partai Demokrat, Nasdem, PKS, pasangan Terbit Rencana Perangin-angin-Syah Afandin yang didukung partai PDIP, Golkar, Gerindra, Hanura, PPP, PBB dan PKB.

Termasuk pasangan dari jalur perseorangan juga sudah mendaftar mereka itu Sulistianto-Heriansyah, Djohar Arifin-Iskandar Sugito, Abdul Aziz-Yatman dan Irham-Ahmad Zaid Nur.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Langkat itu mengungkapkan usai ini maka berbagai proses lanjutan akan dilakukan seperti melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit Haji Adam Malik Medan, penyampaian hasil kesehatan.

Selain itu juga penelitian syarat bakal calon berupa berbagai dokumen diantaranya surat berkelakuan baik (SKCK), Ijazah bakal calon, penyampaian daftar harta kekayaan pribadi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), surat dari pengadilan negeri, surat keterangan dari pengadilan niaga.

"Kita juga akan meneliti surat pengunduran diri dari bakal calon yang menjadi anggota DPRD maupun juga dari PNS, Polri," katanya.

Setelah kita lakukan penelitian maka akan dilakukan penetapan pasangan calon direncanakan Senin (12/2) baik untuk calon yang didukung partai politik maupun calon dari jalur perseorangan dan Selasa (13/2) akan dilakukan pencabutan nomor undian peserta serta berbagai tahapan lainnya termasuk debat kandidat akan direncanakan tiga kali, sambungnya.

"Hingga sekarang ini penutupan pendaftaran pasangan calon semuanya tidak ada kendala berjalan lancar, aman, serta terima kasih kepada aparat kepolisian yang telah begitu aktif menjaga dan mengamankan seluruh jalan proses pendaftaran ini," ungkapnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018