Batubara, 23/11 (antarasumut) -KPU Batubara melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) yang diikuti para pimpinan dan pengurus parpol se-Kabupaten Batubara dan Panwaslu.

Bimtek yang dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan pendaftaran, penelitian administrasi, dan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilihan Umum 2019 kepada pengurus partai politik tersebut, digelar di ruang pertemuan Singapore Land Water Park, Desa Perjuangan, Kecamatan Sei Balai.

Ketua KPU Kabupaten Batubara, Muksin Kalid mengatakan, berdasarkan tahapan, pihaknya akan memberikan sosialisasi kepada para pengurus partai politik tentang pendaftaran dan administrasi dan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilihan Umum 2019.

“Yang menjadi pembahasan, pertama penerapan jadwal, partai politik yang sudah terdaftar di Kemenkumham dan tatacara verifikasi serta penggunaan sistem aplikasi juga partai politik,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, ada 5 langkah yang harus dilalui partai politik calon peserta Pemilu 2019, yakni pendaftaran, penelitian, verifikasi, faktual, dan rekapitulasi hasil verifikasi faktual.

“Kami berharap kepada partai politik di Batubara sudah memiliki sekretariat dan gedung yang jelas agar mudah melakukan verifikasi,” pungkas Muksin.

Pewarta: Erwin

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017