Batubara 11/12 (antarasumut)-  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batubara, Nafiar mengingatkan Plt. Bupati untuk tidak segan-segan mengambil sikap tegas dalam menjalankan fungsi pimpinan eksekutif yang bertugas membangun daerah.

Plt. Bupati setempat, Harry Nugroho, selaku kepala daerah, diharapkan memantau proses pembangunan serta hasil pengerjaan proyek oleh kontraktor, khususnya pada sektor infrastruktur, yang punya relevansi langsung dengan peningkatan taraf kesejahteraan rakyat.

Perlunya ketegasan kepala daerah terhadap itu, menurut Nafiar, untuk menghindari keadaan dimana infrastruktur yang relatif baru selesai dikerjakan justru mengalami kerusakan.

Sikap yang mungkin dapat diambil oleh Harry Nugroho, kata dia, antara lain dengan menekan SKPD yang terkait dengan realisasi proyek untuk melakukan pengawasan ketat.

Jika ditemukan pengerjaan yang tidak sesuai dengan perencanaan atau besteek, harus ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku, termasuk dengan kemungkinan membawanya ke ranah hukum.

Selain itu, Nafiar yang berasal dari Fraksi Partai Golkar itu juga meminta agar Pemkab dapat memfungsikan inspektorat dalam melakukan pengawasan.

“Kami meminta kepada Plt.Bupati untuk memfungsikan inspektorat untuk turun ke lapangan melakukan kroscek terhadap pelaksanaan pembangunan, untuk tidak adanya lagi unsur kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan pembangunan” kata dia.

sebelumnya, Anggota DPRD Syafrizal, Achmad badri juga menyatakan akan mengkawal kinerja Plt Bupati Harry Nugroho selama setahun mendatang, sebab, selain untuk menjaga kesimbangan, dewan juga tetap mengkawal program- program yang dijalankan.


Pewarta: Erwin

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017