Medan, 27/12 (Antara) - Pemerintah Kota Medan mengapresiasi Gardu Hubung Listrik Lapangan Merdeka yang dibangun PLN dalam upaya menambah suplai daya pada beberapa titik di daerah itu.


"Gardu itu dapat memberikan dukungan kenyamanan bagi masyarakat Kota Medan termasuk yang ada di sekitar Lapangan Merdeka Medan, sehingga Kota Medan pun nantinya tidak akan gelap lagi," kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldi di Medan, Rabu, saat peresmian Gardu Hubung Listrik Lapangan Merdeka Medan, Rabu.


Pembangunan Gardu Hubung Lapangan Merdeka itu dalam upaya peningkatan keandalan kelistrikan "Zero Down Time" (kawasan tanpa padam) di daerah pusat kota yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan khususnya di pusat perkotaan kota medan sebagai kota Metropolitan.


"Yang kita resmikan ini adalah bagian pendukung dari program nasional 35.000 MW yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Jadi tidak hanya di kawasan Lapangan Merdeka saja, nantinya juga akan kita perluasan jaringan Gardu Hubung di kawasan lainnya seperti di Kawasan Industri Medan, daerah selatan Medan, serta beberapa titik strategis lainnya," katanya.


Kedepan juga, ujar Eldin, akan ada teknologi-teknologi baru dari PLN yang akan mengatasi persoalan pemadaman listrik, seperti ketika ada kabel listrik yang putus karena insiden pohon tumbang, dapat dihubungkan antara satu sisi kabel dengan sisi kabel yang terputus lainnya, sehingga proses pemadaman pun hanya akan berlangsung selama beberapa menit saja.


"Jika kondisi pasokan listrik di Kota Medan aman dan tercukupi, semakin menarik minat para investor dari luar Kota Medan untuk yakin berinvestasi di Kota Medan," katanya.


Gardu Hubung Lapangan Merdeka dibangun atas kerja sama antara Pemerintah Kota Medan dengan PLN Area Medan di dalam areal Lapangan Merdeka dengan luas lahan 6x10 meter.


Sebelum dibangunnya Gardu Hubung itu, gardu yang sudah ada tadinya hanya mampu melayani seputaran Lapangan Merdeka dengan tiga penyulang dari dua gardu induk.


Setelah Gardu Hubung diresmikan, maka penyulang dapat melayani seputaran Lapangan Merdeka menjadi 8 penyulang dari 3 gardu induk dan 5 trafo Daya yaitu Gardu Induk Glugur, Gardu Induk Listrik dan Gardu Induk Titikuning.


Sementara General Manager PLN Wilayah Sumut Feby Joko mengatakan, daerah yang terdampak dari pembangunan Gardu Hubung Lapangan Merdeka adalah Jalan Palang Merah, Kesawan, Putri Hijau, Raden Saleh, Kereta Api, Perdana, Mesjid, seputaran Lapangan Merdeka, dan seputaran Lapangan Benteng.


Pada kesempatan yang sama juga dilakukan Gelar Pasukan Pengamanan Pasokan Kelistrikan menghadapi Malam Tahun Baru 2018 di Kota Medan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka.


"Dengan Pengoperasian Gardu Hubung Lapangan Merdeka ini diharapkan penjualan KWH PLN diharapkan dapat meningkat dan pelanggan semakin puas," katanya. ***4***





(T.KR-JRD/B/I023/I023) 27-12-2017 20:31:20

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017