Tapanuli Selatan, 23/12(Antarasumut)-Masyarakat meminta agar Tambang Emas Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan tidak pilih kasih dalam hal perhatian (pembangunan).
 
Kepada Antara, di Tapanuli Selatan, Sabtu, Kepala Desa Padang Lancat Sisoma, Kecamatan Batangtoru Anton Sihombing menyebutkan, selama ini mereka merasa jauh dari perlakuan perusahaan.

Seperti halnya dana CSR (Corporate Social Responsibility) Tambang Emas Batangtoru.

Menurut dia, perlakuan Tambang Emas Batangtoru terhadap desa/kelurahan dalam satu wilayah sama di Kecamatan Batangtoru bisanya berbeda.

"Sebenarnya apa yang dilakoni Tambang Emas itu sudah mulai menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat,"sebutnya.

Soalnya CSR Tambang Emas Batangtoru yang selama ini dikelola PT.Agincourt Resources kini dikuasai Konsorsium yang dipimpin EMR Capital sepatutnya harus peka.

"Perusahaan harus peka dan bertanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingan termasuk kehidupan masyarakat sekitarnya,"kata Anton.    

Kata dia, dari 23 (19) Desa/ (4) Keluarahan Batangtoru yang masuk lingkar tambang hanya sebelas 11 Desa/Kelurahan.

"Ini aneh,  banyak desa dalam satu kecamatan namun mendapat perlakuan berbeda, ada apa ini?,"tanyanya.

Padahal, Padang Lancat Sisoma termasuk daerah sumber air menutupi kebutuhan masyarakat desa /kelurahan Batangtoru termasuk desa / kelurahan yang masuk lingkar tambang.

"Kebutuhan air Rumah Sakit, Rumah Ibadah, Sekolah dan lainnya juga boleh dikatakan bersumber dari Padang Lancat Sisoma,"ungkapnya.

Mengingat kontribusi alam desa, menurut dia hal yang sangat wajar Padang Lancat Sisoma masuk kategori yang diperhatikan walau tidak masukkan kedalam wilayah linkar tambang.

Desa - desa kurang mendapatkan perhatian itu lanjutnya seperti Desa Sisipa, Hutabaru Siagian, Batu Horing, Kemudian Perkebunan Hapesong, Aek Ngadol Sitinjak, Desa Huta Godang, Sianggunan, Perkebunan Sigala-gala, Hapesong Lama.

Sementara yang masuk lingkar tambang seperti Desa Sipenggeng, Hapesong Baru, Kelurahan Wek I, II, III, IV, Keluarahan Aek Pining, Desa Sumuran, Desa Batu Hula, Telo, Napa.

Menurut Anton Sihombing warga yang berlokasi di lingkar tambang mendapat perhatian lebih dari perusahaan baik dari pembangunan maupun lainnya. Bahkan yang gagal panen juga menurut Anton diganti rugi Tambang, bahkan pupuk juga disubsidi.

"Menghindari kecemburuan sosial kiranya Tambang Emas Batangtoru harus bijaksana menyikapinya, apalagi Desa Padang Lancat Sisoma satu-satunya desa di Tapanuli Selatan yang tidak mendapat dana desa dari Pemerintah,"pungkas Anton

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017