Medan, 21/12 (Antarasumut) -Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menegaskan keputusannya untuk turun membangun Sumatera Utara sudah final. Edy berharap agar keputusan nya ini dapat diterima oleh semua kalangan.

"Sudah bulat hati saya untuk jadi Gubernur Sumatera Utara pada 2018 apabila dipilih rakyat Sumatera Utara. Tolong disiarkan sampai ke kutub utara dan kutub selatan biar tidak ada yang bertanya lagi," tegas Edy, Rabu (20/12).

Kemarin (19/12), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau ulang keputusan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 4 Desember 2017. Keputusan tersebut terkait pemberhentian dan pengangkatan perwira di lingkungan TNI. Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 sebelumnya, disebutkan bahwa Pangkostrad Letjen Edy dimutasikan menjadi Perwira Tinggi Mabes TNI AD dalam rangka pensiun dini.

"Itu wewenang saya (maju Pilgub) dan tentunya atas seizin Panglima TNI," ungkap Edy.

Menurut Edy, ia telah mengajukan surat pensiun dini sebagai prajurit kepada Panglima TNI. Surat itu sudah masuk sejak bulan lalu. Jika sudah resmi mencalonkan diri, otomatis dia akan menyerahkan jabatan Pangkostrad. Kalau belum ada pengganti, kata dia, tongkat komando diambilalih KSAD.

Menurut Edy aturan bagi prajurit TNI yang ingin masuk ke dunia politik sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

"Kan ada di undang-undang TNI, bagi prajurit TNI yang menginginkan ke politik agar menanggalkan keprajuritannya. Apa masalahnya?" ujar Edy.

Edy menegaskan dirinya akan mundur dari militer sebelum masa pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) berakhir, ia menuturkan akan mendaftarkan diri sebagai calon gubernur sekitar 8-10 Januari 2018.

"Batas pendaftaran yang diatur KPU itu tanggal 8 sampai 10 Januari," ungkap Edy.

Menanggapi isu soal ia yang di proyeksikan menjadi KSAD, Edy Rahmayadi mengaku tidak tertarik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

"Jadi saya tidak mau jadi KSAD, tapi mau jadi gubernur kalau warga Sumatera Utara menginginkan," pungkasnya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017