Medan, 20/12 (Antara) - Telkomsel memperkuat seluruh elemen jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik layanan khususnya data yang diperkirakan naik hingga 35 persen pada Natal dan tahun baru 2018.



"Sejak beberapa tahun terakhir memang layanan data meningkat pesat dibandingkan suara (voice) dan SMS (short message service/pesan singkat) dan Telkomsel sudah mengantisasinya," ucap Executive Vice President Telkomsel Area Sumatera, Paulus Djatmiko di Medan, Rabu.



Kalau layanan data diperkirakan naik hingga 35 persen, maka SMS hanya naik lima persen dan suara dua persen.



Peningkatan layanan data itu sejalan dengan tingginya penggunaan media sosial.



Menurut Paulus yang didampingi Vice President Marketing and Sales Management Sumatera Telkomsel, Erwin Tanjung dan Vice President Business Support Telkomsel Sumatera, Andry Firdiansyah. untuk memenuhi kebutuhan/permintaan komunikasi yang meningkat itu, manajemen Telkomsel sudqh melakukan berbagai langkah.



Mulai menyiapkan 18 compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS se Sumatera dari 103 unit secara nasional di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat seperti bandara dan pusat perbelanjaan dan wisata.



Kemudian menambah spot 4G+ yang melingkupi wilayah sepanjang jalur Medan ? Bandara Kualanamu, Senapelan Pekanbaru, Mall Palembang Square, Benteng Kuto Besak, Palembang Icon, dan Kambang Iwak.



Penambahan 4G+ di spot tersebut memungkinkan pelanggan dapat menikmati akses layanan data dengan kecepatan hingga 150 Mbps.



"Manajemen telah mempersiapkan jaringan sejak memasuki semester kedua tahun 2017 dengan penambahan BTS maupun penguatan kapasitas layanan di beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan," katanya.



Dia menegaskan, dengan langkah itu, Telkomsel menjamin pelanggan mendapatkan layanan komunikasi dengan kualitas terbaik di menjelang Natal dan tahun baru 2018.



Paulus menegaskan, kemampuan jaringan itu telah diuji secara berkala dan Telkomsel sudah melakukan "test drive" secara merata di pusat kota hingga pelosok yang biasanya menjadi sentra tujuan mudik maupun wisata.



Vice President Marketing and Sales Management Sumatera Telkomsel, Erwin Tanjung mengatakan, mendukung perayaan Natal dan tahun baru, Telkomsel juga telah mengantisipasi lonjakan permintaan terhadap produk dengan meningkatkan jumlah produksi, baik untuk kartu perdana, isi pulsa, maupun untuk paket "bundling".



"Telkomsel menjamin layanan produk tersebut bisa didapatkan dengan mudah di seluruh mitra `dealer` dan mitra kerja Telkomsel yang tersebar di seluruh daerah," kata Erwin.



Dia menjelaskan, pada periode sama tahun 2016, terjadi peningkatan pembelian pulsa sebesar 7,5 persen.



Untuk se Sumatera, Telkomsel juga membuat Posko Siaga di 29 titik yang tersebar di seluruh titik keramaian dan lokasi wisata.



Vice President Business Support Telkomsel Sumatera, Andry Firdiansyah menambahkan, di masing-masing titik akan ada pelayanan penjualan pulsa dan kartu perdana, layanan migrasi USIM, redeem Telkomsel Poin dan layanan penjualan content-content digital.



Sementara GraPARI Siaga Natal dan tahun baru di Sumatera yang sebanyak 20 titik tetap melayani pelanggan di hari libur dan khusus Grapari Graha Merah Putih Jalan Putri Hijau Medan juga tetap melayani pelanggan hingga 24 jam.



***3***



(T.E016/B/M019/M019) 20-12-2017 17:12:05

Pewarta: Evalisa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017