Nias, 20/12 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, meminta dukungan media untuk turut mempromosikan berbagai objek wisata daerah itu sehingga lebih dikenal luas, baik dalam mupun luar negeri.

Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli di Nias, Kamis, mengatakan, daerah itu memiliki banyak objek wisata yang sangat indah dan layak dijual seperti objek wisata pantai bahari Somi, Bozihona, Tagaule-Onolimbu dan Nawalo/Dawala.

Agar berbagai objek wisata bahari tersebut dapat mengundang wisatawan dalam dan luar negeri tentunya dibutuhkan kerja keras dari semua pihak di daerah itu terutama upaya mempromosikannya dan dalam hal itu peran media dinilai sangat penting.

"Kita juga harus membangun kesadaran pemangku kepentingan, media dan masyarakat bahwa membangun daerah wisata tidak mudah. Dengan adanya objek wisata, masyarakat harus menjaga etika, dan menerima masuknya budaya luar tanpa menghilangkan budaya yang sudah ada," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga terus melakukan pembenahan terutama akan membangun infrastuktur jalan sepanjang 48 km untuk menghubungkan empat pantai tersebut atau disebut Soziona yang diperkirakan biayanya mencapai Rp 1,5 Trilyun.

"Kita sudah buka badan jalan sepanjang 20 km dengan lebar 20 meter dari 48 km dan lebar 23 meter lahan yang dihibahkan masyarakat. Kita juga sedang menyusun rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten (Ripparkab) Nias bekerjasama dengan Institut Tekhnologi Bandung (ITB) untuk membangun wisata Nias lebih maju," katanya.


Menurut dia, kawasan objek wisata Soziona didukung dengan keberadaan lima buah gugusan pulau berukuran kecil yakni pulau onolimbu besar, onolimbu kecil, soma besar, soma kecil dan somambawa.


Pada kawasan gugusan pulau tersebut terdapat enam spot diving dan sarana snorkeling dengan kondisi terumbu karang masih baik, bahkan ada objek wisata yang baru ditemukan, yakni kapal karam di sekitar pulau onolimbu.


"Langkah awal dalam mempromosikan Soziona, Pemkab Nias telah melaunching kepariwisataan Kepulauan Nias dengan tag line "Nias Pesona Pulau Impian" di Kementrian Pariwisata RI, juga melaksanakan Festival Pesona Bahari Nias Tahun 2017," katanya.***1***

Pewarta: Iwan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017