Rantauprapat, 12/12 (Antarasumut) - Kepolisan Resor (Polres) Labuhanbatu melakukan nota kesepakatan damai bersama dalam penyelenggaraan calon Kepala Desa (Kades) se Labuhanbatu tahun 2017, Selasa di Aula Yan Piter, Selasa.

Dari informasi yang diperoleh Kabupaten Labuhanbatu akan digelar pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Senin (18/12) di 21 Desa di 7 Kecamatan dengan melibatkan 83 Calon Kepdes yang akan memperebutkan 48.869 suara pemilih.

"Kita mengundang semua calon Kepala Desa untuk menyatukan komitmen, kesepakatan dan kesepahaman siap menang dan siap kalah," kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang melalui Kabag Ops Kompol Janner Panjaitan kepada wartawan.

Menurut dia, masing-masing calon harus bisa menerima Siap dipilih dan siap tidak dipilih. "Kepada yang menang agar tidak euforia," jelasnya.

Polres Labuhanbatu mengimbau kepada Cakades dan tim sukses harus berbesar hati apabila tidak terpilih dan tidak melakukan aksi yang bisa merugikan calon kepala desa yang lain. Sehingga tercipta situasi aman dan kondusif.

Polres Labuhanbatu akan menurunkan 200 personel dengan masing-masing tupoksi. Menurut dia, seandainya ada calon Kades yang melakukan tindak pidana, maka pihak Kepolisian akan mengambil langkah tegas. "Kalau ada yang melakukan tindak pidana akan dikenai sanksi pidana," bebernya.

Pada acara tersebut dihadiri 59 Calon Kepala Desa dari 83 Cakades, para panitia pelaksana Pilkades serentak dan masing-masing tim sukses Cakades.

Sementara, Pemkab Labuhanbatu mengucapkan terima kasih kepada Polres Labuhanbatu yang telah memfasilitasi pelaksanaan acara pertemuan calon Kades tersebut.

Kepada Cakades, Pemkab Labuhanbatu mengimbau agar mematuhi peraturan yang telah dikeluarkan Pemkab Labuhanbatu berupa PERDA melalui Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu.

"Dalam persaingan jangan memunculkan provokasi dan menghasut masyarakat dalam pemilihan masyarakat dengan berbau SARA. Para Calon dan TS agar menjaga kerukunan dan kebersamaan," kata Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Labuhanbatu, Abdul Syarif.


Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017