Panyabungan, 6/12 (Antarasumut) -  Desa Aek mata yang merupakaan desa binaan Tp.Pkk kabupaten Mandailing Natal  dengan kategori PT.P2W-KSS memiliki tiga kerawanan.  Kerawanan  ini adalah merupakan ciri dari desa yang menjadi binaan Tp.Pkk dengan kategori  PT.P2W-KSS.

“Desa binaan kategori PT.P2W-KSS adalah memeliki tiga kerawanan yakni rawan pendidikan, rawan kesehatan dan rawan  ekonomi,” kata ketua Tp.Pkk kabupaten  Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution pada kunjungan tim evaluasi desa binaan  provinsi Sumatera Utara di desa Aek Mata, Panyabungan, Selasa.

Untuk menghilangkan kerawanan pada desa tersebut Tp.Pkk kabupaten Mandailing Natal bersama dengan Skpd terkait secara terpadu telah berusaha melakukan berbagai upaya  peningkatan pemberdayaan masyarakat khususnya  kaum perempuan yakni dengan melalui program dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan.

“Dengan ada program-program yang kita buat bersama denganSkpd terkait diharapkan selain meningkatnya sumber daya perempuan juga diharapkan dapat terwujudnya kehidupan keluarga sehat, sejahtera lahir bathin,” katanya.

Ia mengatakan, untuk menghilangkan kerawan tersebut, pembinaan terhadap desa ini akan terus dilanjutkan melalui kerjasama dengan pemerintah kabupaten Mandailing Natal sebagai mitra kerjanya Pkk.

“Pkk bersama dengan pemerintah akan terus berupaya menghilangkan tiga kerawanan yang ada pada desa ini, selain itu kita juga akan berupaya  menjadikan desa  Aek Mata dapat menjadi contoh terhadap desa-desa lain di Madina,” ujarnya.

Untuk mewujudkan harapan tersebut melalui desa binaan ini  kepada semua pihak diharapkan agar lebih nyata dalam berbuat sehingga nantinya kesejahteraan keluarga dan masyarakat yang ada dapat terwujud.


Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017