Medan, 2/12 (Antarasumut) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengingatkan masyarakat harus tetap waspada karena hujan deras diperkirakan masih akan terus melanda Kota Medan dan sekitarnya dalam tiga hari ke depan.



"Dengan hujan deras, maka risiko terjadi banjir cukup besar. Masyarakat diminta waspada," ujar Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan, di Medan, Jumat.



Pantauan satelit BMKG, katanya lagi, hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang terjadi Jumat siang, sore dan malam di sejumlah wilayah Sumut kemungkinan akan terjadi pada Sabtu, Minggu, dan Senin (2-4/12).



Seperti terjadi Jumat, wilayah yang akan dilanda hujan tiga hari ke depan adalah Langkat, Medan, Deliserdang, Binjai, Karo, Dairi, Simalungun, dan Pematangsiantar.



Bahkan bisa meluas ke sebagian wilayah Tebingtnggi, Serdangbedagai, Asahan, Batubara, Samosir, Toba Samosir, dan sekitarnya.



Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir mengatakan, pihaknya sudah meningkatkan kesiagaan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi dalam sepekan ini.



Riadil mengakui, hujan deras yang terjadi pada Jumat, membuat sejumlah kawasan di Kota Medan dan daerah lain mengalami banjir.



"Syukur hujan deras berhenti sekitar pukul 17.30 WIB, sehingga banjir mulai surut," katanya pula.



Adanya kemungkinan intensitas hujan masih terjadi dan bahkan meningkat beberapa hari ke depan, maka BPBD Sumut memfokuskan perhatian kepada beberapa daerah rawan banjir dan longsor.



Kawasan yang mendapat perhatian adalah pesisir timur Sumut, seperti Deliserdang, Asahan, Labuhanbatu, dan Langkat.



BPBD juga mewaspadai daerah yang berada di kawasan dataran tinggi yang bisa terjadi longsor, seperti Karo, Dairi, dan Simalungun.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017