Taput, 24/11 (Antaranewssumut) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyebutkan, bandara internasional Silangit merupakan gerbang menuju peningkatan kemakmuran, kesejahteraan masyarakat “tano batak” (tanah batak).

“Inilah gerbang menuju peningkatan kemakmuran, kesejahteraan masyarakat di seluruh tano batak,” ujar Joko Widodo, sebelum melakukan pemukulan gong sebagai pertanda peresmian bandara Internasional Silangit, Siborongborong, Tapanuli Utara, Jumat.

Dikatakan, ledakan baru di dunia pariwisata sedang dibuat saat gerbang menuju keindahan danau toba yang menyimpan sejarah bumi dan kekayaan seni budaya suku-suku di tano batak, terbuka lebar.

“74 ribu tahun silam, danau toba yang lahir dari mahadahsyatnya letusan gunung berapi dan dampaknya terasa di seluruh dunia. Sekarang, kita sedang membuat ledakan baru di dunia pariwisata,” sebutnya.

Menurutnya, bandara internasional silangit menjadi gerbang bagi wisatawan berkunjung, gerbang kreatifitas bagi pelestarian adat batak, gerbang untuk “marsipature hutanabe” atau gerbang untuk membangun kampung halaman.

“Bukka ma pintu, bukka ma harbangan. Ai nunga rade labuan ni hapal internasional. Pidong na habang, pasahat ma barita on tu luat portibi. Horas ma tondi madingin, pir tondi matogu. Mauliate,” pungkas Jokowi bersamaan dengan pelepasan puluhan burung merpati ke udara oleh sejumlah anak.

Barisan kalimat tersebut mengutip istilah “umpasa” (pepatah) dan “umpama” (perumpamaan) adat batak yang dalam bahasa Indonesia berarti, bukalah pintu, bukalah gerbang. Sebab, telah tersedia bandara pesawat internasional. Burung yang terbang, sampaikan kabar ini ke seluruh penjuru dunia. Sejuk dan nyamanlah wahai sukma, kukuh dan keraslah wahai jiwa. Terimakasih.

Presiden Jokowi kemudian berjalan ke arah susunan “gondang” (tetabuhan), sembari kembali mengutip istilah “umpasa”, dia yang ditemani sejumlah menterinya juga Gubsu Erry Nuradi menabuh “gondang” bersama-sama, dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017