Bakkara, 23/11 (Antarasumut) – Menteri Pariwisata, Arief Yahya didampingi Ketua Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata Kemenpar, Anneke Prasyanti, dan Dirut BOPDT, Arie Prasetyo mengunjungi situs istana Raja Sisingamangaraja XII di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbanghasundutan, Kamis.

Kedatangan Menpar Arief disambut hangat masyarakat setempat dengan penyematan ulos dan iring-iringan penghantaran menuju kompleks Istana.

Situs Istana Sisingamangaraja XII yang berdasarkan sejarah merupakan tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja XII, memiliki empat bangunan dengan arsitektur menarik yang dipenuhi ukiran gorga khas rumah suku Batak.

Selain keberadaan situs Istana Sisingamangaraja yang bersejarah, di wilayah Bakkara yang merupakan daerah yang berlokasi di pinggiran barat daya Danau Toba, keindahan alam yang tersaji juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Bakkara, meliputi wilayah tujuh desa yang dalam istilah lokal disebut “huta”, disebut sebagai pusat peradaban yang tercermin dari keberadaan situs Istana Raja Sisingamangaraja XII.

Selain untuk mengunjungi situs bersejarah itu, kehadiran Menpar Arief juga bertujuan untuk mengembangkan “homestay” desa wisata di Bakara.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017