Tarutung, 16/11 Sumut (Antara) - Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengungkapkan, pemerintah daerah memprogramkan 5.000 sambungan rumahtangga bagi masyarakat berpenghasilan rendah di 2018, sebagai upaya pemerintah dalam menyediakan air bersih yang merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat.

"2018, kita programkan 5.000 sambungan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Sebab, ketersediaan air bersih merupakan sebuah kebutuhan vital," terang Nikson, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Rabu malam.

Disebutkan, program sambungan rumah tangga tersebut akan menjangkau seluruh masyarakat sasaran yang berada di 15 kecamatan se-Taput.

"Seluruh daerah Luat Pahae, serta masyarakat di 11 kecamatan lainnya akan mendapatkan akses sambungan air bersih," ujarnya, disela kehadiran Chandra RP Situmorang, Kepala CPMU program hibah air minum dan sanitasi Dirjen Cipta Karya Kemen PuPera.

Menurutnya, program 5.000 sambungan tersebut akan melanjutkan program serupa yang sejak 2016 hingga 2017, telah dilaksanakan perusahaan daerah air minum Mual Natio  atas 2.250 sambungan rumah tangga.

Dalam kesempatan itu, Chandra Situmorang berharap, program dana hibah untuk sambungan rumah tangga bagi masyarakat berpenghasilan rendah dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemerintah kabupaten Tapanuli Utara.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017