Tarutung, 6/11 Sumut (Antara) – Dinas Kesehatan Tapanuli Utara mengajak seluruh masyarakat di daerah itu memberhasilkan gerakan masyarakat hidup sehat yang diawali dari setiap keluarga dalam menerapkan pola hidup sehat.

“Gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas, harus diawali dari tingkat keluarga. Mari terapkan pola hidup sehat,” terang Janri Nababan, Kadinkes Taput, Senin.

Disebutkan, bila dalam keluarga, pola hidup sehat telah terpelihara. Maka, untuk menularkan hal positif tersebut ke lingkungan masing-masing, hingga akan menyeluruh diikuti oleh masyarakat luas akan memberhasilkan program Indonesia sehat.

“Seluruh lintas sektoral juga harus memberikan dukungan untuk memberhasilkannya. Kepala UPT Puskesmas se-Taput harus aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia juga telah menyosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat yang dilaksanakan di salah satu hotel di Taput.

Agenda tersebut menghadirkan S Nugroho sebagai narasumber dari Kemenkes RI, anggota DPR RI Komisi IX Soleh Daulay, Anggota DPRD Taput Sahala Hutapea, Ida Nurhayati yang merupakan perwakilan dari Poltekes Medan, juga Dinas Kesehatan Taput.

Dalam kegiatan itu, Soleh Daulay menekankan, bahwa Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017