Tapteng, 3/11 Sumut (AntaraSumut)- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pinangsori, meminta masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga agar dapat waspada akan turunnya hujan lebat yang mengakibatkan terjadinya banjir dan juga tanah longsor. 

Hal itu sesuai dengan perkiraan untuk hari ini Jumat (03/11) hingga Senin (06/11).
Sementara  kondisi cuaca umumnya berawan - hujan ringan hingga sedang pada sore dan menjelang pagi hari. Suhu udara berkisar antara 32-22°C. Kelembaban udara berkisar antara 70-95%.

Kepala BMKG kelas III Pinangsori, Marolop Rumahorbo melalui  Forecaster on Duty, Dewi Anastia Sidauruk mengatakan, bagi nelayan dan juga pelayaran Sibolga menuju Nias, status gelombang lebih dari 0.5 m hingga 3.0 m dapat terjadi di Perairan Kepulauan Nias Sibolga Tapanuli Tengah/Sibolga dan Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias. 

Angin diatas perairan Sumatera pada umumnya bertiup dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 05 – 25 knot.

"Peringatan dini ini kita berikan kepada masyarakat dengan tujuan supaya dapat mengantisipasi jika sewaktu – waktu hasil perkiraan tersebut terjadi. Artinya masyarakat sudah siap menghadapinya dan hal itu tentu sangat membantu sekali dalam meminimalisir kemungkinan terjadinya korban. 

Kami dari BMKG akan selalu memberikan informas  baik itu melalui media sosial, media cetak maupun media online, karena terait informasi cuaca masyarakat sangat banyak yang membutuhkan terutama nelayan dan petani," ungkapnya.


Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017