Tanjungbalai, Sumut 31/10 (Antara) - Pemkot Tanjungbalai mengimbau para penggiat di daerah setempat bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan anggota mau pun masyarakat dunia usaha, karena koperasi merupakan badan usaha dan unit ekonomi kerakyatan.

Sekdakot Tanjungbalai Abdi Nusa di Tanjungbalai, Selasa, mengatakan, peringatan Hari Koperasi ke-70 hendaknya jadi MOMENTUM bagi penggiat/pelaku koperasi untuk

menunjukkan keberadaan koperasi secara kuantitas sudah sangat mapan.

Koperasi didirikan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota sebagai gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional.

"Untuk itu sesama pelaku mau pun penggiat koperasi diharapkan mampu berkolaborasi dengan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya", ujar Abdi Nusa.

Penggiat mau pun pelaku koperasi juga diminta memperbaiki kualitas SDM, manajemen dan sarana pendukung, serta saling mengisi dalam pengelolaan badan usaha dan unit ekonomi kerakyatan tersebut.

Bersinergi yaitu dengan saling mengisi antara koperasi yang tergolong mapan dan mampu untuk menyokong keberadaan koperasi, pelaku usaha mikro serta usaha kecil dan mengah agar bisa mandiri.

"Apabila hal itu bisa terlaksana, maka kedepannya kesejahteran anggota secara khusus dan rakyat umumnya bisa terwujud sebagaimana salah satu misi Pemkot Tanjungbalai yaitu meningkatkan kesehajteraan rakyat," ujar Abdi Nusa.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanjungbalai Nedi Hamlet, dalam peringatan Hari Koperasi ke 70 tahun 2017 pihaknya menggelar sejumlah kkegiata, yaitu lomba pengelolaan koperasi bagi sekolah tingkat SD hingga SMA sederajat.

Kegiatan itu bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) dan Koperasi Perimer Angkatan Laut (Primkopal) setempat, pihaknya juga menggelar kegiatan lainnya.

"Lomba tersebut sebagai upaya pembinaan terhadap sejumlah koperasi yang berpetan aktif dalam menyejahterakan anggota khususnya dan masyarakat Kota Tanjungbalai pada umumnya," ujar Nedi Hamlet ***4*** (KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017