Tanjungbalai, Sumut, 28/10 (Antara) - Wali Kota Tanjungbalai H.Muhammad Syahrial menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, berlangsung khitmad dan lancar di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah daerah setempat, Sabtu.

Dihadapan peserta upacara, Wali Kota membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrowi, dengan thema "Pemuda Indonesia Berani Bersatu".

Dalam pidato tersebut, Kemenpora mengajak putra dan putri bangsa Indonesia untuk tetap berstu dalam berbagai kondisi apapun, api semangat Sumpah Pemuda harus tetap dijaga dan digelorakan.

"Sebagai putra-putri bangsa Indonesia yang sedang mengemban tugas negara, kita harus tetap tegak memperingati Sumpah Pemuda 1928," ujar Kemenpora dibacakan H.M.Syahrial.

Sebagai pemerintah daerah, Wali Kota Tanjungbalai juga mengajak kalangan pemuda di daerah setempat agar terus menjaga keutuhan bangsa, menghindari perselisihan dan terus menjalin silaturahmi ditengah keberagaman.

Hal ini sejalan dengan pesan Presiden RI pertama Soekarno "Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara - saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi bukan itu tujuan akhir".

Ketua DPD KNPI Kota Tanjungbalai Mahyaruddin Salim Batu Bara mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda harus jadi momentum bagi kalangan pemuda untuk mendedikasikan diri terlibat dalam pembangunan.

Menurut dia, semangat sumpah pemuda 28 Oktober yang di ikrarkan 89 tahun lalu harus menjadi tauladan bagi kita pemuda jaman sekarang untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan daerah dengan mendukung berbagai program pemerintah kota.

"Sebagai tonggak menggelorakan kebangkitan pemuda dalam kebersamaan antara Pemerintah Daerah, Organisasi Pemuda dan sektor swasta dalam melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda 1928, maka kita harus bersinergi dengan Pemkot Tanjungbalai," katanya usai mengikuti upacara.

Pantauan dilapangan, upacara tersebut diikuti oleh Forkopimda Tanjungbalai diantaranya Wakil Wali Kota H.Ismail, mewakili ketua DPRD H.Taufik, Ketua PN Ulina Marbun, Kapolres Tanjungbalai AKBP.Try Setyadi Artono.

Sedangkan peserta upacara dari kalangan TNI, Polri, PNS, pengurus dan jajaran Pemuda/KNPI, OKP serta pelajar tingkat SMP dan SMA di derah setempat.***4***(KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017