Medan, 19/10 (Antara) - Bank Sumut berupaya meningkatkan pembiayaan di proyek infrastruktur termasuk di luar Sumut untuk mendukung program pemerintah.

"Selain proyek Tol Kualanamu -Tebingtinggi, Sumut, Bank Sumut membiayai beberapa proyek infrastruktur seperti Tol di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jakarta," ujar Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Tengku Mahmud Jefrry di Sibolangit, Kamis.

Dia mengatakan itu usai membuka acara Worlkshop Jurnalistik Perbankan Bank Sumut - PWI Sumut yang diikuti 30 wartawan lokal dan nasional.

Jeffrry tidak merinci berapa total pembiayaan untuk infrastruktur yang sudah dikucurkan Bank Sumut dengan alasan tidak ingat pasti.

Namun dia menyebutkan, untuk Tol Kualanamu - Tebingtinggi, Bank Sumut membiayai sekitar Rp300 miliar.

Sementara untuk pembiayaan proyek infrastruktur di Jawa Barat, Bank Sumut mengucurkan dana Rp150 miliar dengan sindikasi bank lain.

"Dalam kebijakan menjalankan bisnis, Bank Sumut memang mengacu pada program pemerintah.Dewasa ini misalnya, pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur,"katanya.

Jefrry menyebutkan, Bank Sumut juga berani membiayai proyek infrastruktur nasional karena sudah memiliki pengalaman membiayai proyek APBD di Sumut.

Dia mengakui, Bank Sumut juga berencana membiayai proyek di sektor lain sejalan dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) di bank itu.

"Kalau dewasa ini belum ada pembiayaan di proyek energi, itu karena SDM belum siap dan belum berpengalaman,"katanya.


Meski sudah membiayai proyek infrastruktur berskala besar atau nasional, menurut Jefrry, Bank Sumut juga tetap perhatian pada usaha kecil dan menengah (UMKM).


Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menyebutkan, meski semakin dikenal dan diakui di nasional serta membiayai proyek besar, Bank Sumut tidak boleh meninggalkan pembiayaan ke UMKM.


"Bukan hanya sebagai kewajiban Bank Sumut sebagai bank daerah, tetapi karena potensi UMKM masih sangat besar dan menjanjikan untuk perbankan serta bagi perekonomian Indonesia,"kata Gunawan Benjamin.***3***





(T.E016/B/H005/H005) 19-10-2017 12:54:34

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017