Siborongborong, 9/10 (Antarasumut) – Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mempersiapkan sejumlah tiga unit pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas untuk terakreditasi dalam sisi persoalan mutu pelayanan medis di 2017.

“Untuk 2017, kita mempersiapkan tiga Puskesmas untuk terakreditasi dalam persoalan mutu pelayanan medis. Ketiganya, yakni Puskesmas Siborongborong, Puskesmas Hutabaginda, serta Puskesmas Sipahutar,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Taput, Janri Nababan, saat meninjau kesiapan Puskesmas Siborongborong, Senin.

Mutu pelayanan medis yang dipersiapkan merangkum kualitas prosedur pelayanan standar, sarana dan prasarana, SDM tenaga medis tentang tupoksi, juga sisi pengetahuan tentang visi misi Puskesmas.

“Setiap puskesmas yang melayani pasien bpjs wajib terakreditasi di 2019. Makanya, kita mulai persiapannya untuk tiga Puskesmas di 2017, sisanya akan dipersiapkan pada 2018 hingga 2019,” ujarnya.

Menurut Janri, jenjang akreditasi yang ditargetkan harus mampu meraih tingkat paripurna. Namun, bila hal tersebut tidak tercapai, raihan akreditasi tingkat madya untuk mutu pelayanan medis juga sudah merupakan hal yang pantas disyukuri.

“Tetaplah semangat dan bekerja sungguh-sungguh, agar tercapainya visi dan misi pemerintahan dalam mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan, lumbung SDM, serta daerah Wisata. Saya yakin jika kita bekerja secara maksimal, semuanya akan terwujud,” sebutnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017