Tapanuli Selatan,7/10(Antarasumut)-Ribuan masyarakat di dua Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Marancar mendapatkan pelayanan kesehatan dari PLTA Batangtoru, di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Tim fasilitator PT.NSHE selaku rekanan PLTA Batangtoru, Arnida Sukriyani, di Tapanuli Selatan, Sabtu, mengatakan layanan kesehatan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian PT. NSHE kepada warga masyarakat di wilayah itu.

Selain itu katanya, mendukung salah satu visi misi Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu menjadikan masyarakatnya yang Sehat, disamping Cerdas dan Sejahtera.

Adapun sasaran pelayanan kesehatan yang diberikan NSHE bekerjasama dengan Posyandu di dua kecamatan itu jumlahnya mencapai 1.396 orang.

"Kelompok lanjut usia mencapai jumlah 840  orang, ibu hamil mencapai 70 orang dan kelompok balita mencapai 486 orang,"rincinya.

Menurut dia, program bantuan pelayanan kesehatan itu baru sejak Agustus 2017 lalu, masyarakat cukup menyambut antusias dan sangat sangat mengapresiasnya.

Terpisah Kepala Desa Huraba, Kecamatan Marancar, Abdul Majid Siregar mengatakan berterimakasih kepada NSHE yang juga peduli mendukung pemerintah dalam hal kesehatan warga Tapsel.

"Kiranya program seperti ini bisa rutin dilaksanakan dan bahkan bisa ditingkatkan lagi," pinta Abdul Majid yang dikuatkan kepala  Puskesmas Pembantu desa Huraba, Rosmawati.

Rosmawati mengatakan pelayanan yang diberikan itu berupa pelayanan kesehatan oleh tenaga medis dan para medis serta pemberian bantuan berupa asupan makanan bergizi untuk balita, ibu hamil, dan lansia.

“Mudah-mudahan kegiatan PLTA Batangtoru ini lancar dengan harapan kegiatan yang sama kedepannya juga diyakini semakin lancar juga," timpal ibu muda di Desa Huraba, Santiana (24 ).

Untuk wilayah Kecamatan Marancar kegiatan sosial itu berlangsung di desa Huraba, Marancar Godang, dan Kelurahan Pasar Sempurna, Sedang untuk wilayah Kecamatan Sipirok Desa Batang Paya dan Desa Luat Lombang.

"Sebelumnya NSHE juga sudah pernah melakukan kegiatan yang sama di Sipirok di  enam dusun, seperti di dusun Gunung Hasahatan/Pargudungan, dusun Dano, dusun Paske, dusun  Pengkolan,

dusun Bulu Payung, dan dusun Hutaimbaru dengan jumlah sasaran kesehatan mencapai 687 warga,"jelas Arnida lebih jauh.

Sayangnya, belakangan untuk dusun Gunung Hasahatan/Pargudungan kegiatan sosial itu terganggu, dimana warganya 'takut' diberikan pelayanan kesehatan yang diberikan PLTA Batangtoru disebabkan faktor x.

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017