Asahan, Sumut, 30/9, (Antarasumut) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten belum menemukan obat jenis Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) dan obat keras lainya beredar di Kabupaten Asahan.
 
Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Haris Yudhariansyah, Sabtu didampingi Plt Kasi Kefarmasian, Zalidah Irayani S. Farm. Apt P menjelaskan bahwa dari hasil kunjungan kesejumlah apotik dan toko obat pihaknya tidak menemukan obat yang menjadi keresahan masyarakat tersebut.
 
“ Dari hasil kunjungan tim tidak ditemukan obat jenis PCC di Asahan,” kata Haris.
 
Selain Dinkes, sidak melibatkan pihak Pol PP Asahan, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Asahan tersebut mengecek obat jenis lainya yang dikategorikan keras, namun juga tidak ditemukan. 

“ Artinya seluruh obat yang keras harus sesuai dengan resep dokter tidak boleh dikonsumsi tanpa aturan, “ ucap Haris
 
Dalam kunjungan tim, Zalidah menambahkan pihaknya juga melakukan pemeriksaan administarsi apotik di Kota Kisaran, hal ini dilakukan agar semua apotik beroperasi sesuai dengan standart aturan yang berlaku.
 
“ Memang masih ada ditemukan yang kurang, namun masih bisa dilakukan pembinaan,” ucapnya. Dari pantauan tim berkunjung di apotik Matahari, apotik Paten, Berdikari dan lainya.

Pewarta: indra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017