Medan, 25/9 (Antara) - DPRD Sumatera Utara menyetujui Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 menjadi Rp12,369 triliun.

Persetujuan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Gubernur Sumut Erry Nuradi dan Ketua DPRD Sumut Wagirin dalam rapat paripurna di Medan, Senin.

Dalam laporan Badan Anggaran DPRD Sumut, jumlah pendapatan tersebut bertambah Rp199,175 miliar dari APBD murni yang berjumlah Rp12,17 triliun.

Belanja Pemprov Sumut dalam Perubahan APBD 2017 jumlahnya menjadi Rp13,416 trilun atau bertambah Rp382,013 miliar dari APBD murni.

Dari perbandingan pendapatan dengan belanja tersebut, diketahui adanya defisit anggaran sebesar Rp1,046 triliun yang diambil dari sisa pembiayaan dari nomenklatur penerimaan dan pengeluaran.

Ketika membacakan hasil pembicaraan Badan Anggaran, anggota DPRD Sumut Sarma Hutajulu mengatakan, pihaknya mengapresiasi kenaikan jumlah pendapatan yang diajukan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Kondisi itu layak diapresasi karena dinilai sebagai langkah maju terhadap peningkatan kemandirian APBD, serta merubah kebiasaan pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu menurunkan pendapatan pajak daerah.

Namun pihaknya menyoroti pendapatan secara komulatif, terutama pendapatan dari Bea Balik Nama Kendaraan bermotor (BBN-KB) dan retribusi jasa usaha yang mengalami penurunan.

Meski secara nominal penurunan tersebut tidak siginifikan, namun kondisi itu perlu menjadi perhatian serius, apalagi beberapa fraksi menyoroti penurunan itu.


Penurunan tersebut menjadi sorotan karena menimbulkan bias karena pendapatan sedang mengalami tren membaik pada semester pertama tahun 2017.


Kemudian, Badan Anggaran DPRD berharap Pemprov Sumut dapat menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang telah dibicarakan dengan TAPD, terutama usulan hibah rumah ibadah sesuai rekomendasi hasil reses.


Gubernur Sumut Erry Nuradi mengapresiasi kinerja DPRD yang membahas Rancangan Perubahan APBD 2017 tersebut serta akan berupaya merealisasikan berbagai harapan dan rekomendasi yang disampaikan DPRD. ***2***


(T.I023/B/N002/N002) 25-09-2017 19:22:55

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017