Tebing Tinggi,12/9(antarasumut)- Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan membuka Musrenbang RPJMD Tahun 2017-2022, Selasa, di Gedung Balai Kartini.

Musrenbang RPJMD Kota Tebing Tinggi yang digelar Bappeda ini sebelumnya Dokumen RPJMD telah disusun oleh Tim dari Pemko Tebing Tinggi bersama stakeholder bekerja sama dengan tim dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan sebagai pembanding Prof.Dr.Ramli dan Prof. Dr.Yuspinhar dari USU Medan.

Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan dalam pelaksanaan Musrenbang RPJMD ini kiranya disusun secara sikronisasi dengan RPJMN, RPJMD Provinsi dan Nawacita Presiden RI dirajut dan berintregitas dari mulai dari bawah sampai keatas.

RPJMD harus sejalan dengan Visi dan Misi Walikota dan Walikota terpilih, dan RPJMD ini yang harus dapat dijadikan pedomanani oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi, selama 5 tahun kedepan, dan lebih penting lagi RPJMD ini menjadi acuan dalam menyusun APBD maupun R.APBD Tebing Tinggi, ujarnya.

Walikota berharap kepada segenap pimpinan SKPD, RPJMD ini pula kiranya dijadikan pedoman dalam menyusun Renstra (Rencana Strategi) di masing-masing SKPD, sudah atau belum mendapat persetujan RPJMD ini boleh dipakai untuk menyusun Rentra.

Untuk kedepannya tidak ada lagi pekerjaan yang dilakukan diluar e planning yang sudah disusun, sehingga program pembangunan baik secara kwantitas dan kualitas dapat diwujudkan secara nyata,tegasnya.

Menyangkut tentang biaya atau anggaran yang di perlukan untuk merealisasikan apa-apa yang tertuang dalam RPJMD ini bisa saja datangnya dari APBN, APBD Provinsi dan bahkan bantuan yang berasal dari Luar Negeri.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Tebing Tinggi H.Chairil Mukmin Tambunan, Musrenbang RPJMD Kota Tebing Tinggi 2017-2022 ini sangatlah penting merupakan langkah awal, Pemerintah Kota Tebing Tinggi melaksanakan Pembangunan Tebing Tinggi untuk 5 tahun ke depan.

Diharapkan lembaga DPRD dalam penyusunan RPJMD ini dapat menampung segala masukan dari berbagai elemen masyarakat dan masukan-masukan dari masyarakat disampaikan saat anggota DPRD melakukan reses, yang semua tentunya kita mengharapkan Musrenbang RPJMD keberpihakannya kepada masyarakat lebih besar.

H.Chairil Mukmin Tambunan, menyatakan Lembaga DPRD sebagai Mitra Pemerintah Kota Tebing Tinggi siap memberikan dukungan sepenuhnya atas program-program pembangunan yang direncenakan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki masing-masing instansi, katanya.

Prof. Ramli dan Prof Yunpinhar dari USU sebagai pembanding dalam Musrebang tersebut dari ratusan halaman dukumen RPJMD yang disampaikan menyatakan ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan pembahasan lebih dalam terutama menyangkut data angka-angka yang disuguhkan tidak akurat, karena masih menggunakan data tahun 2015 sementara yang terbaru ada.

Masalah angka data-data yang kurang akurat tersebut, Walikota mengatakan tidak usah dijadikan perdebatan, untuk memperoleh dapat dilakukan melalui SKPD terkait dan kami juga mohon bantuan dari BPS Tebing Tinggi yang punya data angka-angka lebih terbaru.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017