Padangsidimpuan, 9/9 -(Antarasumut)- Dinas Ketahanan Pangan Kota Padangsidimpuan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan dalam penanaman sayur mayur dengan hidroponik atau lainnya.


Sekretaris Dinas Ketapang, Pemkot Padangsidimpuan, Indra P Harahap, Sabtu, mengatakan, pijaknya menghimbau kepada masyarakat di masing-masing kecamatan perkotaan untuk menggunakan dan memanfaatkan lahan perkarangan rumah diperkotaan untuk ditanami tanaman sayuran hidroponik, ungkapnya.

Untuk menjaga kestabilan pangan di Padangsidimpuan alangkah baiknya masyarakat di masing-masing kecamatan perkotaan memanfaatkan perkarangan rumah sebagai lahan pertanian hidroponik.

Memanfaatkan lahan perkarangan rumah dengan pengembangan tanaman hidroponik, kedepan bertujuan agar tanaman holtikultura dan sayuran terpenuhi dalam skala rumah tangga, syukur-syukur bisa menambah penghasilan sehingga tidak perlu belanja ke pasar.

Jika kebutuhan pangan keluarga terpenuhi seperti sayuran Holtikultura metode hidroponik agar dapat dikembangkan dalam model usaha mandiri dan bisa menjadi peluang usaha secara kecil-kecilan, dan masyarakat sejahtera secara mandiri, ucapnya.

Pemkot Padangsidimpuan sendiri telah membuat program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) itu ada di
Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, dan Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, serta Padangsidimpuan Selatan dan Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.

Kedepan dinas ketapang akan terus mengadakan sosialisasi ditingkat kecamatan, sebagai contoh pilot projeck kepada masyarakat diperkotaan, kita juga kedepannya akan mengajak KWT (Kelompok Wanita Tani) lebih serius menekuni usaha mandiri dalam memanfaatkan perkarangan skala rumah tangga.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017