Panyabungan, 5/9 (Antarasumut) – Tim penggerak Pkk kabupaten Mandailing adakan sosialisasi prilaku hidup bersih sehat (Pbhs)  dan lingkungan bersih hidup sehat (Lbs) di desa Hutabaringin kecamatan Panyabungan Barat, Selasa.

Dalam sosialisasi tersebut turut juga dihadiri ketua  Tp.Pkk Madina, Ny.Ika Desika Dahlan Hasan Nasution,  Kepala dinas pemerintahan masyarakat dan desa, Gozali Pulungan, SH.MM, Kepala dinas kesehatan, drg. Ismail Lubis,  camat Panyabungan Barat, M.Amin Nasution, Tp.Pkk kecamatan Panyabungan Barat  serta warga masyarakat desa Hutabaringin.

Ketua Tp. Pkk kabupaten Mandailing Natal, Ny.Ika Desika Dahlan Hasan Nasution menyampaikan, kegiatan silaturrahmi sekaligus pembinaan program Pkk bidang kesehatan yang dilaksanakan didesa tersebut  merupakan bahagian dari pada program Tp.Pkk kabupaten Mandailing Natal.

“Mengingat keluarga merupakan  unsur penting dalam masyarakat maka  penerapan pola hidup sehat diterapkan   dalam keluarga sehingga terbangun masyarakat yang sehat,” katanya.

Mengingat keluarga merupakan investasi bangsa yang  harus dijaga dan dipelihara kesehatannnya  maka kepada masyarakat diharapkan untuk senantiasa  menjaga kesehatnnya  salah satunya adalah  dengan menjaga kebersihan dilngkungan rumah dan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya serta sadar akan gizi  yang baik sehingga  anak dan keluarga tumbuh sehat.

“ Jadilah keluarga sadar gizi yang baik, maka anak akan menjadi tumbuh sehat dan cerdas,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam rangka meningkatkan program Pkk dikabupaten Mandailing Natal ini salah satunya dibidang kesehatan adalah selain dengan dengan  menggalakkan perilaku hidup bersih  dan sehat juga mengadakan perlombaan yang dimulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat pusat.

“Yang diperlombakan nantinya salah satunya adalah Phbs dan Lbs untuk itu saya mengharapkan kepada Tp.Pkk tingkat kabupaten, kecamatan dan desa agar mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,” sebut Ika Desika.
Sementara itu, Camat Panyabungan Barat, M.Amin Nasution mengatakan, kegiatan binaan perilaku hidup bersih dan sehat serta  lingkungan bersih sehat yang dilaksanakan oleh Tp.Pkk kabupaten Mandailing ini diharapkan dapat bermanfaat dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di Mandailing Natal.


Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017