Medan, 23/8 (Antarasumut) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen kuat untuk mendukung pemerintah dalam menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. 

Salah satunya adalah menyiapkan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan. 

Untuk itu, bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, XL Axiata mendukung penuh realisasi program “Nelayan Go Online” kepada para nelayan di berbagai daerah. 

Implementasi yang sudah terlaksana antara lain di Makasssar, dan Medan di bulan Agustus 2017 ini. Di Medan, penyaluran program dilaksanakan di Balai pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Medan, Rabu (23/8) oleh GM FMS XL Axiata West Region, Yan Ferdiyan Nurfurqon. 
 
Vice President XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan, mengatakan, “XL Axiata mendukung penuh implementasi Program Nelayan Go Online yang akan memanfaatkan aplikasi digital inovatif Nelayan Pintar (NELPIN) dari Kementerian KKP. 

Dukungan kami ini menjadi bagian dari komitmen XL Axiata mendukung kalangan nelayan dari sisi penyediaan sarana digital sesuai dengan kebutuhan nelayan Indonesia. Pada program ini, XL Axiata menyediakan akses layanan 

Data sehingga nelayan bisa memanfaatkan aplikasi NELPIN. Selain di Medan, kami telah mengimplementasikan program ini di Makassar dan Jawa Timur, dan akan terus memperluaskan di wilayah lain dalam waktu tidak lama lagi. 

Kami berharap, sarana digital ini akan mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh nelayan Medan untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat keamanan selama melaut.”
 
Bapak Sri Suryo Sukoraharjo Pengembang Aplikasi Nelpin dari Pusat Riset Kelautan Kementerian KKP mengatakan, 

“Pemerintah akan terus berusaha mendorong produktivitas nelayan di semua wilayah Indonesia dengan berbagai program. 

Selain program-program untuk menjaga keselestarian sumberdaya laut, terutama ikan di seluruh perairan Nusantara, pemerintah juga melaksanakan program-program untuk meningkatkan kemampuan para nelayan, salah satunya Program Nelayan Go Online. Penggunaan sarana teknologi digital memang merupakan alternatif yang juga kami kembangkan melalui aplikasi NELPIN. 


Kami sangat menyambut baik peran XL Axiata untuk mengimplementasikan NELPIN ini kepada masyarakat nelayan di berbagai daerah.”
 
Aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan. Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan. Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi NELPIN dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh tanah air.
 
Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama dua bulan dan handset dari XL Axiata. 

Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian NELPIN, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program Nelayan Go Online ini. Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap iklan dengan memanfaatkan NELPIN. Di Medan dan Makassar perangkat bantuan ini telah disalurkan secara bertahap kepada ratusan nelayan.
 



Pewarta: Irsan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017