Parapat, Sumut, 17/8 (Antara) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, membuka akses jaringan internet di komplek Pantai Bebas Parapat, Danau Toba.
     "Gratis melalui free wi-fi Semangat Baru Sumut dengan password JRSARAGIH," sebut Kepala Dinas Kominfo, Akmal Harif Siregar, usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2017 di Parapat, Kamis.
     Pengadaan akses jaringan internet gratis itu sekaitan dengan HUT Ke 72 Kemerdekaan RI sekaligus bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Pusat dalam pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba.
     Akmal mengatakan, Bupati Simalungun, JR Saragih kerap menekankan kepada pimpinan instansi atau satuan kerja terkait untuk terus melakukan pembenahan Kota Parapat dalam menyongsong program Pemerintah Pusat itu.
     Apalagi kata Akmal, di era sekarang ini dan kedepannya, arus informatika sudah menjadi tuntutan dan bagian dari kebutuhan hidup masyarakat maupun individu yang harus disikapi secara bijak.
     Kota Parapat yang berada di kawasan Danau Toba kata Akmal, tentunya harus dilengkapi dengan kebutuhan masyarakat itu, terutama bagi layanan kepada pengunjung. 
     "Mereka tidak saja menikmati keindahan alam Danau Toba, tetapi juga mendapatkan layanan lebih dengan mudahnya bahkan tanpa dipungut bayaran mendapatkan akses internet," kata Akmal.
     Beberapa pengunjung remaja yang mencoba akses jaringan internet di komplek Pantai Bebas Parapat mengaku senang, karena dapat membuka media sosial untuk menunjukkan keberadaan dirinya kepada yang lain.
     "Kami harapkan seterusnya, biar main di Pantai Bebas makin asik dan seru," kata Yuniar Harahap (15), warga Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. ***4***  

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017