Tapanuli Selatan,8/8(Antarasumut)-Pemerintah Kabutaen Tapanuli Selatan memulai melebarkan ruas jalan Provinsi Sumut.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu disela-sela peninjauannya kelokasi pekerjaan, di Desa Hutabaru, Kecamatan SD.Hole, Sabtu, mengatakan pekerjaan itu menindaklanjuti permintaan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

"Gubsu dalam suratnya Agustus 2016 meminta Bupati Tapsel dan Bupati Paluta untuk melakukan kerjasama penanganan ruas jalan Provinsi,"kata Bupati menjelaskan dasar pengerjaan.

Pemkab Tapanuli Selatan menangani ruas jalan Provinsi Sipagimbar - Batas Paluta (Tolang) sebaliknya Pemkab Paluta menangani ruas jalan Sipiongot - batas Tapsel (Tolang).

Pemkab Tapanuli Selatan sendiri kata Syahrul sudah memulai dan bahkan mengerjakannya, dana APBD 2017 dikucurkan untuk itu sebesar Rp1,5 milyar lebih.

Jenis pengerjaannya segmen satu sekitar 1200 meter lebar 20 meter ruas jalan Provinsi arah Batas Paluta-Huta Baru itu sudah dibuka dan tengah dikerjakan menggunakan alat berat.

Kemudian segmen dua ruas jalan Provinsi arah Simpang Biru-arah Hutabaru ke Batas Paluta sekitar 4800 meter lebar sekitar 15 meter ruas jalan Provinsi juga sudah mulai dan tengah dikerjakan.

"Selain pelebaran sepanjang enam kilometer juga ada jenis pengerjaan pemaritan,"katanya.

Tujuan dikerjakannya pengerjaan yang disambut positif masyarakat setempat itu untuk memudahkan pihak Provinsi Sumatera Utara melakukan konsolidasi.

Bupati lebih jauh menyebut sebelum dilebarkan ruas jalan Provinsi itu cuma memiliki lebar antara 3-5 meter saja.

"Kita berharap ada kontiniunitas percepatan pembangunan khususnya ruas Jalan Provinsi di kedua daerah kabupaten ini,"kata Syahrul




Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017