Tapanuli Selatan,26/7(Antarasumut)-Jamaah Calon Haji Kabupaten Tapanuli Selatan yang akan berangkat ke tanah suci Makkah untuk musim haji 1438 Hijriyah Tahun 2017 tercatat tinggal 166 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tapanuli Selatan Saripuddin Siregar, Rabu, di Kantornya di Padangsidimpuan kepada Antara, mengatakan sebelumnya Jamaah Calhaj Tapanuli Selatan berjumlah 169 orang.

"Seluruh jamaah Calhaj yang berjumlah 169 orang itu sudah melunasi Ongkos Naik Haji-nya bahkan seluruh pasport untuk keberangkatan haji sudah keluar, namun tiga orang jamaah diantaranya batal berangkat dikarenakan meninggal dunia,"katanya.

Didampingi Kaseksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Tapanuli Selatan Makrup Siregar, Saripuddin mengatakan seluruh 166 orang Calhaj Tapanuli Selatan (48 lk dan 119 pr) plus satu orang Tim Pemandu Haji Daerah Ustadz Henri sehingga total jumlah 167 orang tergabung pada Kelompok Terbang 16.

Selama dalam perjalanan seluruh Calhaj akan dipandu TPHD Ustadz Henri demikian dengan kesehatan para seluruh Calhaj akan dikontrol tim medis dan para medis berjumlah tiga orang.

Dalam Kloter 16 jamaah Calhaj Tapasel bergabung dengan Calhaj asal Padang Lawas (123 orang), dan Medan (95 orang), Humairah/Azizah (95 orang) ditambah perorangan dua orang dan petugas 55 orang.

Menurut jadwal Kloter 16 masuk karantina Asrama Haji Medan pada Tanggal 12 Agustus 2017, dan diterbangkan menggunakan pesawat menuju Jeddah Arab Saudi dari Kuala Namu Internasional Airport Deli Serdang pada 13 Agustus 2017.

Baca Info Haji Lainnya





Sementara Jamaah Calhaj tertua asal Tapanuli Selatan bernama Nur Asyiah Siregar binti Japarmulaan Siregar berusia 80 Tahun dan Calhaj termuda Syofianna Lubis binti Syamsuddin (38) yang keduanya berasal dari wilayah Kecamatan Sipirok.





Di tanah suci Makkah nantinya seluruh jamaah Calhaj yang tergabung di Kloter 16 tersebut yang akan melaksanakan rukun wajib dan sunah haji akan menempati maktap 55 wilayah Jarwal rumah nomor 906 atau berjarak sekitar 1,5 km dari masjidil haram.





Sementara Kasi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Makrup Siregar menambahkan dibanding musim haji Tahun 2016 sebanyak 142 orang pada musim haji 2017 Jamaah Calon Haji Tapanuli Selatan meningkat 24 orang menjadi 166 orang.



























Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017