Medan, 25/7 (Antara) - Pemerintah Kota Medan meluncurkan pelayanan tanggap darurat Public Safety Center (PCS) 119 guna membantu penanganan kesehatan masyarakat secara cepat.

"PSC 119 tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan, tetapi juga dalam situasi kritis lain," kata Wali Kota Medan saat peluncuran layanan PSC 119 tersebut, di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan teresbut merupakan upaya pemerintah untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan.

"Dengan adanya nomor pelayanan kesehatan itu, masyarakat bisa mendapatkan pelayan ambulans dan tenaga medis saat berada kondisi gawat darurat," katanya.

Demi suksesnya layanan PSC 199 itu, ia mengharapkan semua pihak yang terlibat agar dapat bekerjasama dengan baik dan ikhlas, sebab hal tersebut merupakan pekerjaan yang mulia.

"Layanan itu cuma-cuma tanpa dipungut biaya apapun. Kita ini pelayan masyarakat, jadi sudah sepantasnya kita melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Untuk itulah, lanjut dia, Pemkot Medan akan terus berupaya meningkatkan pelayanan, baik itu menyangkut sarana maupun prasarananya serta koordinasi, sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat berjalan dengan lancar dan efektif.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Usma Polita mengatakan, "call center" itu sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan kepada warga yang berada dalam kondisi gawat darurat sekaligus meningkatkan kinerja aparatur tenaga kesehatan.

"Dengan menghubungi nomor kesehatan itu, masyarakat cepat mendapat bantuan saat berada dalam kondisi gawat darurat. Sesuai dengan standar yang diterapkan WHO, penanganan terhadap kondisi gawat darurat harus sudah dilakukan paling lama 15 menit," katanya.

Peluncuran PSC 119 ditandai dengan pemeriksaan sejumlah mobil ambulans yang akan digunakan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat, kemudian diikuti dengan pemakaian rompi kepada petugas PSC 119.


Agar layanan itu efektif dan dimengerti masyarakat, peluncuran juga ditandai dengan sosialisasi melalui layar televisi.


Dalam tayangan itu digambarkan dengan jelas proses masyarakat menghubungi PSC 119, dan cepatnya bantuan yang diberikan.***4***





(T.KR-JRD/B/A013/A013) 25-07-2017 17:33:55

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017