Parapat, 19/7 (Antarasumut) - Tim Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dalam kunjungan penelitian ke tujuh kabupaten kawasan Danau Toba, singgah di Parapat,  Kabupaten Simalungun, Rabu.
      Menurut Ketua Tim Lemhanas, Marsekal TNI Baskoro, kehadiran mereka untuk mendalami Danau Toba yang ada di Sumatera Utara, terlebih Danau Toba ada yang berada di wilayah Kabupaten Simalungun.
       "Kedatangan kami dalam rangka studi strategis, di mana para peserta akan menjalin soal kondisi Danau Toba di Sumatera Utara yang di dalamnya serta mendalami budaya Batak di Samosir," kata Baskoro.
     Kehadirannya di Parapat bersama tiga tenaga ahli, serta peserta sebanyak 23 orang dan lima perwira berpangkat kolonel, dua orang angkatan udara berpangkat kolonel, serta lima kombes polisi dan satu polwan, kementerian lembaga, lima anggota parpol serta negara Pakistan, dan Srilangka.
     Bupati Simalungun, JR Saragihmengucapkan terima kasih atas kehadiran Lemhanas di Parapat, sehingga bisa membawa cerita keindahan Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi prioritas utama yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi.
       Selain itu, melalui Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun bukan hanya juga bisa menjadi destinasi berlibur, melainkan sebagai tempat merenung maupun menimbulkan spirit dan semangat.
       "Melalui pertemuan ini maka bisa mendapatkan berkah dan pendidikan untuk menjadi orang yang sukses dan kita selalu berdoa buat kesuksesan Lemhanas," kata JR Saragih.
      Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga memamaparkan Danau Toba  di Parapat yang memiliki pinggiran pantai perairan paling luas, mencapai 53 kilometer.
     "Otomatis dengan kehadiran Lemhanas ini bisa disampaikan kalau Danau Toba ini sangat bagus, sehingga memiliki semangat kebersamaan dan melalui semangat baru bisa dikembangkan di tahun ini dan mendatang," kata Amran.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017