Sipahutar, 18/7 (Antarasumut) – Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Taput, Janri Nababan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Test Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA Test) sebagai kegiatan deteksi dini kanker serviks oleh Kejari setempat, yang dilaksanakan di Puskesmas Sipahutar, Selasa (18/7/2017).

“Ini pantas diapresiasi, Kejaksaan Negeri Taput sudah berperan dalam kesehatan masyarakat. Semoga pelaksanaan dalam pelayanan kesehatan, tidak hanya sekali ini saja,” ujar Janri dalam sambutannya.

Dikatakan, sesuai anjuran Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, pelaksanaan program Test IVA akan diprioritaskan di tahun mendatang sebagai langkah pengantisipasian akan penyakit kanker serviks yang sangat berbahaya bagi kaum hawa.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Kajari Taput Hotma Tambunan bersama istri, serta turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Janri Nababan, Camat Sipahutar Ronal Silitonga, Kabid P2P Risma Panjaitan, juga Tim PSC 119 Tapanuli Utara.

“Kami bertugas bukan semata-mata hanya untuk penegakkan hukum, tapi kami juga ingin berperan dalam kesehatan masyarakat,” kata Kajari Hotma.

Melalui kegiatan itu, harapnya, masyarakat terlepas dari penyakit berbahaya khusus kaum hawa tersebut. Dan, sebagai agenda lanjutan, pihaknya berharap kegiatan serupa tidak hanya digelar di Puskesmas Sipahutar, namun, akan dilaksanakan di berbagai daerah lainnya di wilayah Tapanuli Utara.

“Terimakasih untuk Dinas Kesehatan, dan Puskesmas Sipahutar yang memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini,” sebutnya sembari menginformasikan bahwa kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan hari bhakti Adhyaksa ke-57 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke XVII tahun 2017.

Selain Tes IVA, dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, juga deteksi dini penyakit tidak menular.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017